Pilkada PelalawanTanpa Calon Perseorangan

Pelalawan, katakabar.com - Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kabupaten Pelalawan 2020 ini, dipastikan tanpa diikuti calon perseorangan atau independen.

Sempat ada yang mendaftar dari pasangan Drs Zaini Ismail MSi-Tengku Kespandiar, tapi tidak memenuhi syarat dukungan.

Itu sebabnya, tidak ada paslon dari jalur independen atau perseorangan  batas akhir pendaftaran, pada Minggu (23/2), malam kemarin.

"Sudah dipastikan, perhelatan pilkada Kabupaten Pelalawan Tahun 2020 ini, tanpa diikuti calon perseorangan,” kata Divisi Teknis Penyelenggaraan Anggota Komisioner KPU  Pelalawan, Bapri Naldi kepada katakabar.com Jumat (28/2)

Dari Rabu hingga Minggu,19 - 23 Februari 2020 lalu penyerahan syarat dukungan. Calon perseorangan, Drs Zaini Ismail MSi Dengan Pasangan Tengku Kespandiar pada Minggu (23/2) sekitar pukul 14.50 WIB.

"Syarat minimal Calon perseorangan sebanyak 20.718 dukungan, pasangan ini cuma membawa 20.468 dukungan. Setelah dilakukan penghitungan oleh KPU total 1096 dukungan tidak memenuhi syarat, sebanyak 20372 memenuhi syarat, sehingga ada kekurangan 346 dan ditetapkan gagal, tidak memenuhi syarat," tegasnya.

Menurutnya, syarat dukungan sudah diberi tahu kepada bakal calon perseorangan lewat penyerahan berita acara, terkait calon dari perseorangan tidak lolos.

Untuk perbaikan syarat dukungan, waktu bapaslon perseorangan sudah habis dan tidak bisa lagi, seban penyerahan persyaratan dukungan dilakukan di hari terakhir, pada 23 Februari 2020.

"Penyerahan dukungan Bakal Calon Perseorangan sesuai dengan PKPU Nomor 16 Tahun 2019, pada 19 hingga 23 Februari 2020. Dilanjutkan Bapri Naldi, sebelum Bapaslon ini menyerahkan syarat dukungan.

KPU Pelalawan terus melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kesiapan bakal calon.   KPU Pelalawan sebelumnya telah menyarankan kepada Tim LO agar penyerahan syarat dukungan dilakukan di awal jadwal.

Jika terdapat kekurangan masih ada waktu untuk perbaikan, bokeh jadi mereka belum siap di awal jadwal. Lantwran diakhir jadwal, pada 23 Februari 2020 diserahkan persyaratan, sehingga tidak ada lagi waktu perbaikan dukungan. Jadi, Bapaslon perseorangan untuk pilkada Pelalawan tidak lolos, tandasnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait