Polisi Kembali Amankan 27 Napi Baru Bebas Program Asimilasi

Katakabar.com - Pihak kepolisian amankan 27 orang pelaku kejahatan. Di mana 27 orang tersebut merupakan mantan narapidana yang telah dibebaskan pemerintah melalui program asimilasi. Usai bebas, mereka kembali membuat kejahatan.

"Dari jumlah data napi yang dibebaskan sebesar 38.822 napi, ada 27 napi yang kembali melakukan kejahatan," kata Kabareskrim Polri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat dikonfirmasi, Selasa (21/4).

Dia mengungkapkan, kejahatan yang dilakukan 27 orang tersebut bermacam-macam. "Kejahatan yang mereka lakukan meliputi curat, curanmor dan curas serta satu pelecehan seksual," jelasnya.

Sebelumnya, sebanyak 36 ribu narapidana diseluruh Indonesia mendapatkan pembebasan. Pembebasan ini menurut Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly dilakukan sesuai Permenkumham 10 Tahun 2020, dan juga sesuai rekomendasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bahkan, ia mengklaim pembebasan dimaksudkan untuk menyelamatkan warga binaan atau napi dari ancaman Virus Corona atau Covid-19.

Berkaitan hal itu, dari data Mabes Polri menyebutkan sebanyak 13 napi yang baru bebas kembali berulah dan ditangkap kembali oleh kepolisian. Hal ini disampaikan oleh Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono.

"Dari ribuan napi yang terdiri dari 36 ribu napi yang dapat asimilasi ada 13 napi ya yang kembali melakukan tindak kejahatan," katanya dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (17/4). Merdeka.com

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait