Polisi Minta Kapal Penumpang Meranti Disemprot Disinfektan

Meranti, katakabar.com - Kepolisian Resor Meranti meminta agar pengusaha angkutan laut kapal berpenumpang untuk menyiapkan handsanitizer atau alkohol pembersih tangan.  Selain itu, kapal-kapal itu juga diminta untuk disemprot disinfektan secara rutin.

Langkah itu merupakan salah satu dari evaluasi dalam rangka percepatan pengendalian penanganan Covid-19 yang dilakukan di Meranti, Riau, Rabu hari ini. Evaluasi itu turut melibatkan aparat TNI.

Kapolres Meranti AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat mengatakan percepatan penanganan Covid-19 perlu terus ditingkatkan. Diantaranya dengan mendisiplinkan kembali pedoman protokol kesehatan dimasing masing-masing OPD, maupun tempat tempat-tempat terjadinya konsentrasi masyarakat seperti pasar pelabuhan dan lingkungan perkantoran.

"Terkait dengan kondisi daerah kita, secara geografis kepulauan dan guna mengantisipasi terhadap kedatangan masyarakat dari luar meranti yang salah satu pintu masuk nya ada melalui jalur laut. Menyikapi hal tersebut diharapkan agar para pemilik transportasi laut untuk selalu korektif dan lakukan antisipatif dini dengan menerapkan protokol kesehatan," katanya

Dia berharap masing-masing kapal diwajibkan untuk menyediakan alat kebersihan yaitu hand sanitizer pada pintu pintu masuk kapal dan melakukan penyemprotan dengan desinfektan sebelum penumpang masuk dan sesudah penumpang keluar kapal serta di dahului dengan pengecekan suhu badan para penumpang.

"Dalam rangka pengecekan masyarakat yang terindikasi Covid-19 ,dengan menggunakan tes SWAB agar senantiasa dilakukan secara kontinue oleh dinas kesehatan ditempat tempat umum seperti pasar dan tempat yang lain seperti pelabuhan serta para petugas satgas  percepatan  penanganan covid 19," ujarnya.

Sementara itu, hingga kini tercatat tidak ada paisen yang dirawat di RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti.

Editor : Anggi

Berita Terkait