Pramugari di China Dianjurkan Pakai Popok di Pesawat Selama Pandemi

Katakabar.com - China menganjurkan para pramugari memakai popok sekali pakai untuk menghindari pergi ke toilet selama penerbangan demi mencegah penularan Covid-19. Demikian kabar dikutip dari dokumen Badan Penerbangan Sipil China (CAAC).

Laman Al Arabiya melaporkan, Sabtu (12/12), dunia penerbangan menjadi sektor yang paling terpukul oleh pandemi Covid-19 dengan banyak tenaga kerja kehilangan pekerjaan di maskapai penerbangan karena penundaan perjalanan dan anjloknya penumpang.

China memulai kembali operasional maskapai penerbangan pada Agustus lalu sambil menyarankan kondisi antisipasi bagi para awak kabin selama penerbangan.

"Rekomendasi untuk memakai popok dan menghindari toilet pesawat berlaku selama penerbangan dan dari negara dengan tingkat penularan melebihi 500 kasus per satu juta penduduk," tulis harian the Washington Post.

Selain itu juga dilaporkan, awak kabin pada penerbangan yang berisiko rendah bisa mengakses toilet pribadi yang harus disemprot sanitasi sebelum dan sesudah digunakan.

CAAC merilis dokumen yang memuat panduan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di pesawat, termasuk memakai popok sebagai alat perlindungan pribadi.

"Peralatan yang masuk alat perlindungan pribadi bagi awak kabin: masker bedah, sarung tangan dua lapis, kaca mata pelindung, topi sekali pakai, seragam sekali pakai, pelindung sepatu sekali pakai. Para pramugari dianjurkan memakai popol," tulis CAAC, seperti dikutip the Washington Post.

Meski kabin pesawat termasuk kawasan yang berisiko rendah terjadi penularan, namun sejumlah dokter melaporkan, penerbangan jarak jauh bisa menjadi risiko terjadinya penularan virus corona. 

Merdeka.com

 

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait