Rakor Kelitbang, Bahas Penguatan SIDA dan Bentuk DRD

Bengkalis, katakabar.com - Penjabat Bupati Bengkalis, Syahrial Abdi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Kelitbangan Kabupaten Bengkalis Tahun 2020, di Ruang Rapat Dang Merdu Kantor Bupati Bengkalis, pada Selasa (24/11).

Rakor yang ditaja Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappedalitbang), bertema Penguatan SIDA Kabupaten Bengkalis Tahun 2020 dan pembentukan Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Bengkalis.

Penjabat Bupati Bengkalis, Syahrial Abdi mengatakan, Rakor Kelitbangan ini salah satu aspek strategis untuk mendukung peningkatan akselerasi pembangunan di era otonomi daerah saat ini.

Guna mendukung akselerasi pembangunan perlu penetapan kebijakan Pemda yang harus dilakukan secara cermat, akurat dan sesuai dengan azas-azas Good Governance. 

"Perumusan kebijakan tersebut mesti didasarkan pada riset dan kajian atau studi tentang kondisi dan potensi lokal, keterkaitan dan pengaruh lingkungan strategis, serta memiliki prediksi yang akurat terhadap arah pembangunan daerah dalam jangka panjang,” ujarnya. 

Kata Syahrial Abdi, prioritas program yang diemban Pemerintah Kabupaten Bengkalis saat ini, masih berkisar pada penurunan jumlah kemiskinan, mengurangi pengangguran, meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatkan derajat kesehatan, mengatasi masalah lingkungan, masalah kualitas Sumber Daya Manusia, menurunnya kualitas infrastruktur, masalah kesenjangan sosial, masalah bencana alam. 

“Kami berharap rakor kelitbangan kali ini, Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bengkalis bersama-sama dengan instansi terkait dapat merumuskan program-program penelitian dan pengembangan yang hasilnya jelas dan dapat dimanfaatkan untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang ada di Kabupaten Bengkalis,” tegasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Khairul Umam, Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis, Bustami HY.

Narasumber Bappenda Provinsi Riau diwakili Kabid Penelitian dan pengembangan, Eka Arif Yanto Putra, Kepala Balitbang Kabupaten Pelalawan, Ir H Arizal, Kepala Bappenda Kabupaten Pelalawan, Devifson Saharudin, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Pelalawan, Nazrun, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Bengkalis, Umi Kalsum.

Terus, Dandim 0303 Bengkalis diwakili Pasil.m Letda Inf Erli dan Kapolres Bengkalis diwakili Kabag Ren, Kompol Risman serta seluruh Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Bengkalis.

Editor : Sahdan

Berita Terkait