Rakor Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, Gubri Sampaikan Progres Vaksinasi

Pekanbaru, Katakabar.com - Gubernur Riau Syamsuar menghadiri rapat koordinasi (Rakor) rutin terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dipimpin langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin secara virtual di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (15/2/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Gubri menyampaikan bahwa progres pelaksanaan vaksinasi di Riau telah mencapai 77,4 persen. Adapun yang belum termasuk dalam pelaksanaan vaksin tahap ini merupakan orang yang memiliki penyakit bawaaan atau komorbid.

"Dengan adanya kebijakan Menteri Kesehatan, mulai hari ini kami juga melaksanakan vaksin di rumah sakit di provinsi atau kabupaten/kota," ujarnya.

Gubri berharap, dalam minggu ini progres pelaksanaan vaksinasi di Provinsi Riau sudah bisa mendekati 100 persen. 

"Kami siap melakukan arahan Menteri Kesehatan, kami menunggu vaksin sehingga nanti tentunya terhadap kebijakan untuk pejabat publik sudah bisa mulai dilaksanakan  di Riau," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk pedagang pasar, Gubri sepakat dilaksanakan langsung di pasar sehingga tidak mengganggu para pedagang untuk berjualan dan tetap bisa memberikan vaksinnya.

"Kami sudah meninjau pasar, cocoknya memang langsung," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menkes Budi Gunadi Sadikin meminta agar secepatnya pemerintah daerah menyelesaikan pelaksanaan vaksinasi pada Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kesehatan (Nakes).

"Calon penerima vaksin tahap dua ini untuk petugas publik dan Lansia, mohon daerah segera selesaikan pelaksanaan vaksinasi untuk nakes," tuturnya.

Turut mendampingi Gubri dalam rakor bersama Menkes tersebut, Asisten I Setdaprov Riau Jenri Salmon Ginting, Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir serta perwakilan Forkopimda Riau.

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait