Rapat Lanjutan Dugaan Penguasaan Lahan di Luar HGU PT Adei

Pekanbaru, Katakabar.com - Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting memimpin rapat lanjutan terkait dugaan penguasaan lahan di luar Hak Guna Usaha (HGU) PT Adei Plantation dan Industry pada lima desa di kecamatan Pinggir dan kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis di Ruang Rapat Kenangan Kantor Gubernur Riau, Kamis (3/12/2020).

Rapat lanjutan berupa paparan hasil dari pengukuran yang dilaksanakan tim terpadu yang telah dibentuk oleh pemerintah provinsi Riau yang sebelumnya telah melakukan pengukuran di lapangan dalam rangka memfasilitasi laporan yang dibuat oleh lima desa tersebut.

"Adapun hasil dari pengukuran tim terpadu beberapa waktu lalu untuk memfasilitasi laporan yang dilakukan 5 desa kecamatan Talang Muandau dan kecamatan Pinggir," katanya.

Ia menegaskan bahwa pemerintah provinsi dalam permasalahan tersebut hanya memfasilitasi dan mencari jalan keluar apa yang terjadi antara perusahaan dan masyarakat yang bada di sekitar perkebunan tersebut.

Untuk permasalahan ini, pihaknya sudah memfasilitasi sebanyak 3 kali dan sudah ke lapangan juga agar kedua belah pihak mendapat titik terang. Oleh karenanya, pihaknya berharap permasalahan ini dapat diselesaikan secara musyawarah dan mufakat.

"Karena ini lebih baik dari pada kita laksanakan melalui jalur hukum," ujarnya.

Jika pun setelah rapat tetap melanjutkan tidak ada titik terang dari kedua belah pihak, pihaknya mempersilahkan untuk menempuh ke jalur hukum. Karena pemerintah hanya memfasilitasi permasalahan bisa teratasi dengan cara bermusyawarah dan mufakat. 

 

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait