Ratusan Pegawai Kejaksaan Tes Usap Massal

Pekanbaru, katakabar.com - Ratusan pegawai di Kejaksaan Tinggi Riau menjalani swab test massal. Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi klaster baru Covid-19 di lingkungan perkantoran, termasuk di kantor Korps Adhyaksa itu.

Kegiatan itu dilaksanakan di Aula HM Prasetyo Kejati Riau, dan dipimpin langsung oleh Kepala Kejati (Kajati) Riau Mia Amiati. Selain pegawai, swab test ini juga diikuti seluruh sekuriti dan petugas kebersihan di kantor yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru itu.

Dikatakan Kajati, swab test ini dilaksanakan guna mengantisipasi timbulnya klaster baru di lingkungan perkantoran, termasuk di Kejati Riau. Apalagi saat ini semakin banyak masyarakat yang dinyatakan positif Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG).

Atas hal itu, Kajati Riau mengambil inisiatif untuk melakukan swab test bagi seluruh pegawai tanpa terkecuali. Pelaksanaan swab test dilakukan tim medis yang telah ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

"Saya selaku pimpinan mengambil inisiatif memohon bantuan melalui surat dinas kepada Kadis Kesehatan Provinsi dengan tembusan ke Pak Gubernur Riau dan Ketua Gugus Covid-19 Provinsi Riau untuk dilaksanakan test swab bagi seluruh pegawai tanpa kecuali termasuk honorer dan tenaga satpam," ujar Kajati Mia Amiati, Kamis kemarin.

Sebelumnya, Kejati Riau telah pernah melaksanakan rapid test terhadap seluruh pegawai, dimana hasilnya nonreaktif.

Swab test sendiri merupakan metode screening deteksi virus melalui uji usap nasaforing dengan mengumpulkan cairan atau sampel dari bagian belakang hidung dan tenggorokan atau dahak, untuk diperiksa di laboratorium. Tak hanya untuk virus corona, uji swab  juga biasa digunakan untuk diagnosis infeksi virus lainnya.

Sejauh ini, kata Kajati, pihaknya belum mendapatkan hasil uji swab yang telah dilakukan. Hasilnya, lanjutnya, diperkirakan akan diketahui dalam beberapa hari terakhir.

"Dari informasi yang saya dapat, katanya paling cepat 3 hari (hasil swab test diketahui). Apalagi hari hampir 300 orang (yang mengikuti uji swab)," pungkas Kajati Riau.

Editor : Anggi

Berita Terkait