RSUD Kecamatan Mandau Baksos di Bagan Benio

Talang Muandau, katakabar.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis gelar Bakti Sosial (Baksos) pelayanan kesehatan di sebelah timur "Kota Duri", persisnya di Dusun Tua, Bagan Benio, Desa Tasik Serai, Kecamatan Talang Muandau Kabupaten Bengkalis, pada Sabtu (24/7) weekend lalu.

Kegiatan Baksos pelayanan kesehatan kepada masyarakat Dusun Tua tersebut, menindaklanjuti arahan Bupati Kabupaten Bengkalis, Kasmarni, sebelumnya lebih dulu berkunjung ke Bagan Benio.

"Baksos bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang dapat diakses dan dirasakan seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis dimanapun berada. Itu sebabnya, RSUD Kecamatan Mandau langsung "action" memberikan pelayanan di Dusun Bagan Benio," kata Direktur RSUD Kecamatan Mandau, Sri Sadono Mulyanto kepada wartawan lewat siaran persnya pada Senin (26/7) siang.

Dijelaskan Sri Sadono, jumlah petugas yang diterjukan memberikan pelayanan kesehatan di Bagan Benio 18 orang, meliputi 5 Dokter spesialis, 2 dokter gigi, petugas laboratorium, apotik, dan tenaga kesehatan lainnya.

Selain memberikan pelayanan kesehatan oleh dokter spesialis, petugas kesehatan RSUD Kecamatan Mandau memberikan pelayanan khitanan.

"Bakti Sosial (Baksos) ini mudah-mudahan dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat Dusun Tua, Bagan Benio. Baksos telah jadi program RSDU Kecamatan Mandau dan bakal terus berlanjut, nantikan Bakti Sosial (Baksos) kami di tempat lainnya," sebut Dirut RSUD Kecamatan Mandau.

Terpasung CBGSKB

Perjalanan untuk menjangkau Dusun Tua, Bagan Benio yang berpenduduk sekitar 100 Kepala Keluarga (KK) tidak mudah, dan butuh tenaga ekstra, sebab medan yang dilalui masih jalan tanah sepanjang puluhan kilometer.

Setelah menempuh jalan tanah sepanjang puluhan kilometer, perjalanan belum berakhir, lantaran posisi Dusun Tua berada di seberang tasik atau danau ditumbuhi ragam tumbuhan air. Uniknya tasik atau danau ini, adakalanya pasang dan surut bergantian secara teratur sepanjang tahun.

Bila musim pasang, masyarakat keluar masuk Dusun Tua menggunakan transportasi air, jenis perahu bermesin tempel. Jika musim surut, masyarakat keluar masuk Dusun Tua mesti berjalan kaki melewati tasik penuh lumpur.

Itu sebabnya, kalau mau berkunjung ke Dusun Tua harus peka dan jeli dengan situasi tasik adakalanya pasang dan surut bergantian per enam bulan sepanjang tahun.

"Dulu, sejumlah wartawan pernah melakukan ekspedisi ke Dusun Tua, Bagan Benio. Kala itu, kami lewat dari Jalan Gajah Mada masih tanah kuning berlumpur dan kayu balok melintang di tengah badan jalan."

Perjalanan yang dilalui berjam-jam lamanya sehingga cukup melelahkan kala itu, tak seperti sekarang, ruas Jalan Gajah Mada sebagian sudah rigid beton, sehingga memudahkan bagi masyarakat keluar masuk dari dan ke Kecamatan Talang Muandau, khususnya ke Bagan Benio.

Dusun Tua cukup memprihatinkan di segala bidang, tidak cuma struktur dan infrastruktur utamanya pelayanan kesehatan dan pendidikan yang sudah lama didambakan masyarakat.

"Kahadiran Baksos pelayanan kesehatan RSUD Kecamatan Mandau so pasti sangat positif  membawa angin segar di bidang pelayanan kesehatan bagi masyarakat Dusun Tua."

Satu hal yang membuat kita terpaksa mengurut dada, lantaran Dusun Tua, Bagan Benio terpasung Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit Batu (CBGSKB). Hal ini bukan perkara yang mudah, misanya kalau Pemda Bengkalis mau bangun infrastruktur Jalan mesti koordinasi dan konsultasi ke pihak terkait dan berwenang di Pemerintah Pusat.

Bila tidak, pembangunan infrastruktur yang telah diprogramkan bisa buyar di tengah jalan lantaran tidak dapat restu dari Pemerintah Pusat.

Editor : Sahdan

Berita Terkait