Saat Bersama Ketua MA Turki, Ketua MPR: Kecam Agresi Israel ke Palestina

Jakarta, katakabar.com - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, Bambang Soesatyo, kecam keras agresi militer Israel ke Palestina. Itu disampaikan dalam pembicaraannya dengan Ketua Majelis Agung Turki, Mustafa Sentop, lewat sambungan telepon pada Senin, 17 Mei 2017 malam kemarin waktu Indonesia.

Pada pembicaraan tersebut keduanya menyampaikan dukungan serta apresiasi terhadap sikap dan upaya keras pemerintah kedua negara, Indonesia dan Turki, untuk mencari penyelesaian segera melalui berbagai forum internasional. Biar jatuh korban lebih banyak dapat dihindari, khususnya korban dari kalangan perempuan dan anak-anak. Keduanya sepakat mendorong forum-forum kerjasama antar parlemen yang ada untuk mengambil sikap dan langkah nyata terhadap agresi militer Israel tersebut.

“Saya yakin pemimpin dan rakyat Indonesia dan Turki akan selalu bersama rakyat Palestina. Saya yakin kedua negara selalu mengupayakan penciptaan perdamaian antara Israel dan Palestina berdasarkan prinsip two states solution”, tegas Ketua Majelis Agung Turki, Mustafa Sentop.

Ketua MPR secara khusus mengutuk pernyataan PM Israel, Benjamin Netanyahu, yang dianggapnya membahayakan situasi yang ada.

“Yang Mulia, saya secara tegas mengutuk pernyataan PM Israel yang mengatakan tidak akan menghentikan serangan dan akan terus melakukan tekanan dengan kekuatan penuh. Pernyataan ini sangat berbahaya dan mengancam situasi kemanusiaan di wilayah tersebut”, ujar Bambang Soesatyo.

“PBB harus segera mengambil tindakan tegas, guna mencegah bencana kemanusiaan lebih lanjut”, imbuh Ketua MPR disapa akrab Bamsoet.

Selain mengenai isu Palestina, kedua Ketua Majelis tersebut saling mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri dan sama-sama saling mendoakan agar pandemi Covid 19 di Indonesia dan Turki dapat segera berakhir. Kedua sahabat dekat tersebut sama-sama berharap dapat bertemu langsung untuk membahas berbagai upaya kedua majelis untuk mendukung peningkatan kerja sama bilateral Indonesia-Turki di berbagai bidang.

Editor : Sahdan

Berita Terkait