Rapat Paripurna DPRD Bengkalis

Sah! APBD Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2023 Rp4,199 Triliun

Bengkalis, katakabar.com - Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2023 mendatang sudah sah dan resmi sebesar Rp4,199 triliun.

Itu diketahui dari rapat paripurna laporan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis di penyampaian Ranperda APBD Tahun Anggaran 2023 sekaligus pengambilan keputusan digelar, sesudah dua agenda sebelumnya sukses dilaksanakan di ruang rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bengkalis, pada Senin (21/11).

Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, H. Khairul Umam beserta Wakil Ketua I, Syahrial, Wakil Ketua II, Sofyan, Wakil Ketua III, Syaiful Ardi yang pimpin rapat dihadiri Bupati Kabupaten Bengkalis, Kasmarni.

"Harapan bersama keuangan daerah dikelola secara tertib, taat pada peraturan parundang-undangan, efektif, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggung jawab memperhatikan asas keadilan, Kepatutan, dan bermanfaat bagi masyarakat menjadi komitmen bersama mencapainya," kata Juru Bicara Banggar, H Adri.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menjelaskan, semua proses pembahasan telah dilalui Badan Anggaran DPRD Kabupaten Bengkalis bersama TAPD sebagai upaya menciptakan pembangunan yang mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bengkalis secara menyeluruh.

"Dari hasil pembahasan total Rancangan APBD Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp4.199.741.009.104 triliun. Harapannya,
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis memandang pentingnya keterpaduan berbagai program lintas urusan dan lintas OPD yang saling berkaitan di dalam merealisasikan pembangunan dengan APBD Kabupaten Bengkalis," ujarnya.

Badan Anggaran DPRD Kabupaten Bengkalis mendorong peran aktif BAPPEDA dan TAPD dalam mengarahkan dan mengkoordinasikan program atau kegiatan lintas OPD agar dapat terintegrasi dan saling bersinergi untuk mendukung pembangunan Kabupaten Bengkalis. Untuk itu, perlu menjaga dan menjalin hubungan keharmonisan dalam menjalankan roda pemerintahan untuk mewujudkan Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera," katanya.

Seluruh fraksi setuju dan menerima laporan Banggar tersebut dengan berbagai harapan dan masukan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis.

Fraksi Golongan Karya melalui Wakil Ketua DPRD Bengkalis, Syahrial dukung penuh proses pembahasan APBD sesuai dengan mekanisme untuk ditindaklanjuti menjadi keputusan dan diperdakan.

"Kepada pemerintah daerah segera melakukan pelelangan dini, dan dilaporkan kepada DPRD, serta berkaitan dengan jaminan kesehatan yang sudah mencapai tahap UHC agarbbisa ditingkatkan lagi," harapnya.

Juru Bicara Fraksi PDI perjuangan, Simon Lumban Gaol setujui laporan Badan Anggaran. Kepada pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan sarana dan prasarana Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mandau.

Fraksi PAN, Rianto ucapkan terima kasih khususnya kepada kepala dinas PUPR atas realisasi kegiatan Jalan Gajah Mada. Kinerja ini tidak lepas dari pelelangan dini dan harapannya ke depan dilakukan pelelangan dini proyek-proyek kecil, serta mengusulkan penganggaran PUPR untuk dimaksimalkan lagi.

Anggota DPRD lainnya, Hendri, Hj. Zahraini, dan Febriza Luwu sampaikan saran untuk menindaklanjuti pembangunan yang belum tersentuh di daerah Rupat, yakni Jalan Pangkalan nyirih. Kepada pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan anak-anak berprestasi yang telah mengharumkan nama Kabupaten Bengkalis.

"Harapan ke depan setiap OPD yang ada di lingkungan pemerintah Kabupaten Bengkalis Untuk diseragamkan harga satuan belanja barang dan jasa demi meningkatkan APBD Kabupaten Bengkalis yang lebih maju," tegas Febriza Luwu.

Dilanjutkan dengan penandatangan rancangan APBD Kabupaten Bengkalis tahun 2023 oleh Bupati Kabupaten Bengkalis, Kasmarni dan Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, H. Khairul Umam yang didampingi Wakil Ketua I, Syahrial, Wakil Ketua II, Sofyan, dan Wakil Ketua III, Syaiful Ardi.

 


Editor : Sahdan

Berita Terkait