Sakit Dalam Kemiskinan, Mualaf Rohul Akhirnya Tutup Usia

Pasir Pengaraian, katakabar.com - Akibat penyakit kronis yang diderita serta hidup dalam kemiskinan hingga tak memiliki biaya untuk berobat, warga Desa Rokan Timur, Kecamatan Rokan IV Koto Muhammad Ali (41), akhirnya meninggal dunia.

Muhammad Ali yang baru mualaf sekitar 3 bulan tak kuasa menahan sakit yang dideritanya sejak setahun terakhir. Setiap saat terpaksa menahan akibat sakit kronis yang dideritanya dampak infeksi kantong kemih Efori Lase dan dirinya juga sempat dibawa ke Puskesmas terdekat.

Pria 3 anak, semula sudah diketahui mengidap infeksi kantong kemih. Namun dikarenakan kekurangan biaya berobat, Muhammad Ali terpaksa menahan sakit teramat dalam kemiskinan.

Kadus I Muhammad Ramadhan mengatakan warga satu dusun sempat mengumpulkan uang untuk biaya pengobatan Muhammad Ali. Namun yang terhimpun hanya Rp1.705.000.

"Kami sempat membawa almarhum saat sakit ke Puskesmas, pihak Puskesmas menyarankan agra dirujuk ke rumah sakit yang memiliki alat dan peralatan yang lebih lengkap," kata Kadus dengan sapaan Modan 

Karena sakit Muhammad Ali bertambah parah, rencananya semula almarhum akan dirujuk ke RSUD Rohul. Namun sebelum sempat dibawa ke rumah RSUD almarhum sudah meninggal dunia.

"Almarhum adalah mualaf yang memiliki tekad kuat memeluk Agama Islam. Bahkan sejak awal kita sudah tegaskan bahwa masuk Islam itu tidak ada pemaksaan, dan beliau dengan gigih menyebutkan bahwa ia dan keluarga masuk Islam karena niatnya yang telah bulat," ungkap Muhammad Ali.

Sebut Muhammad Ramadhan, rencananya jenazah almarhum akan dikebumikan di TPU terdekat di Desa Rokan Timur Rabu sore.

"Saya selaku Kadus berharap, jika ada di luar sana yang hendak membantu keluarga almarhum, maka dengan senang hati warga menerima dan akan segera memberikannya ke keluarga duka. Karena anaknya 3 orang masih kecil-kecil, kasihan," kata Muhammad Ramadhan.

Editor : Anggi

Berita Terkait