Salat Idul Fitri 1442 H, Kasmarni di Pinggir dan Bagus Santoso di Bengkalis

Bengkalis, katakabar.com - Bupati Kabupaten Bengkalis, Kasmarni beserta keluarga dan melaksanakan salat Idul Fitri 1442 Hijriyah bersama masyarakat Pinggir, di masjid At Taqwa persis di samping kediaman rumah pribadinya, pada Kamis (13/5).

Bupati Bengkalis tiba pukul 06.55 WIB, disambut hangat masyarakat yang sejak pukul 06.30 WIB, lebih dulu tiba dan berada di lokasi pelaksanaan salat hari raya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selamat hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah kepada seluruh jamaah salat sembari sampaikan permohonan maaf lahir dan bathin.

"Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir batin. Mari kita buka lembaran baru yang masih putih, dan kita tutup halaman lama yang terdapat noda yang dilakukan selama ini," ujarnya.

Orang Nomor 1 di 'Negeri Junjungan' nama lain dari daerah Kabupaten Bengkalis inib mengajak masyarakat untuk satukan niat yang tulus dan menghilangkan rasa iri, dengki, dendam, sifat sombong dan bangga dengan apa yang dimiliki.

"Mari kita ganti semua sifat negatif dengan rasa kasih sayang dan rasa persaudaraan. Kita ulurkan tangan untuk saling bermaaf-maafan. Jangan biarkan kedengkian dan kebencian merasuk kembali ke jiwa kita yang telah suci," pesannya.

Kata Kasmarni, walau saat ini masih pandemi tetapi nikmat kenikmatan dan keindahan lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah sangat terlihat.

"Tahun ini kita masih bisa merasakan terlihat dari pancaran wajah setiap orang dan setiap rumah, sebab kita selalu berupaya untuk saling memupuk silaturahmi," jelasnya.

Mari petik pelajaran dan makna dari mewabahnya Covid 19, kita diingatkan untuk selalu bersabar dan bersyukur dalam situasi apapun.

"Wabah ini mengingatkan kita adalah makhluk yang lemah, hanya dengan makhluk yang sangat kecil banyak orang menjadi tak berdaya bahkan meninggal dunia, hal ini seakan mengikis kesombongan diri manusia."

Dalam pada itu, Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso beserta keluarga, salat berjamaah salat Idul Fitri 1442 Hijiriyah di masjid Agung Istiqomah Bengkalis, pulau seberang.

Dengan menggunakan baju kurung cream muda dipadu kain songket merah, Wabup Bagus Santoso bersama keluarga tiba di Masjid Agung Istiqomah pada pukul 06.48 WIB, disambut hangat masyarakat yang telah tiba di tempat tersebut.  

Bertindak sebagai Imam dan Khatib pada pelaksanaan shalat Idul Fitri 1442 Hijiriyah tahun 2021 Masehi, Ustadz Zulkifli Yahya dan H Amrizal, Bilal Faisal Asri.

"Lewat Gema Takbir ini, mudah-mudahan menjadikan kita sebagai umat muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, kita sadari masih dalam masa pandemi wabah Covid 19 yang tak kunjung usai. Alhamdulillah, kita tetap bersyukur, kenikmatan dan keindahan lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah tahun ini masih dapat kita rayakan menyesuaikan dengan situasi dan keadaan,“ beber Bagus.

Begitu banyak hikmah, pelajaran dan makna yang dapat kita petik dari mewabahnya Covid 19, sepertinkita ditegur, diingatkan untuk selalu bersabar dan bersyukur dalam situasi apapun dan dalam kondisi bagaimanapun. 

"Jangan pernah kita menyalahkan situasi yang ada, tapi ambillah hikmah positif dibalik musibah Covid 19 ini dengan perbanyak beribadah. Selain itu, gesah ibadah lebih terasa. Hikmah lain yang dirasakan bagi kita yang tinggal di pulau Bengkalis memacu giat bekerja, menggali potensi yang kita miliki. ekonomi berputar pelan tapi pasti di kampung kita sendiri."

MSelamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H Hijriyah Minal ‘Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin, Taqoballahu Minna Waminkum, Taqobbal Yaa Karim, imbuhnya.


Editor : Sahdan

Berita Terkait