Sempena Hari Satu Juta Pohon 2021

Sanusi: Jaga Lingkungan Hijau Demi Generasi Mendatang

Duri, katakabar.com - Sempena Hari Satu Juta Pohon, yang diperingati pada 10 Januari setiap tahun, merupakan program pemerintah bersama Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup serta sejumlah LSM dan komunitas pecinta alam.

Program ini bertujuan guna mengajak masyarakat untuk mencintai lingkungan hijau, baik dalam skala kecil, seperti lingkungan rumah tangga, hingga skala besar dengan penanaman pohon di sejumlah daerah yang dianggap penting.

Kenapa lingkungan hijau penting? Lingkungan hijau sangat penting bagi kelangsungan hidup bagi makhluk hidup. Apabila lingkungan hijau tidak ada, manusia, hewan, dan tumbuhan tidak dapat bertahan hidup.

Saat ini lingkungan hijau mengalami kerusakan. Itu semua disebabkan ulah dari manusia yang tidak bertanggung jawab.

Lihat, penebangan pohon secara liar tidak diselingi dengan penanaman pohon kembali. Tak pelak kawasan hutan gundul dan tanah tidak dapat menyerap air bahkan pohon tidak dapat menghirup karbondioksida di udara, penambangan batu bara secara terus-menerus yang dapat menyebabkan tanah yang dikeruk semakin habis dan rusak, penggunaan kendaraan bermotor dan pendirian industri yang sebabkan asap pabrik pada rumah kaca, berimbas tingginya emisi gas buang di udara sebabkan polusi udara dan pemanasan suhu di bumi, serta membuang sampah sembarangan yang berdampak buruk pada kehidupan makhluk hidup.

Sempena memperingati Hari Kegiatan Penanaman Satu Juta Pohon tahun ini, Ketua Fraksi PKS DPRD Kabupaten Bengkalis Sanusi kepada katakabar.com secara eksklusif mengatakan, hendaknya masyarakat bisa menjaga lingkungan hijau dan menjaganya demi generasi akan datang.

"Saya mengajak semua masyarakat Kabupaten Bengkalis, mari bersama-sama kita jaga lingkungan hijau, dengan tidak melakukan penebangan hutan secara liar, sebab sangat berbahaya. Apalagi menebang pohon tanpa melakukan penanaman kembali. Dengan menjaga lingkungan hijau menjadikan lingkungan sehat, tidak cuma untuk generasi sekarang, tapi untuk generasi akan datang," jelasnya.

Dengan peringatan kegiatan hari satu juta pohon ini, saya mengajak masyarakat, untuk melakukan penanaman pohon, yang mulai dari lingkungan rumah.

"Mari bersama menanam pohon, baik pohon lindung, maupun pohon buah. Kita mulai dari lingkungan rumah, sebagai upaya ikut menjaga lingkungan hijau tetap ada," tandasnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait