Sanusi Optimis Desa dan Kelurahan Dimekarkan Tahun ini

Bengkalis, katakabar com - Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis, Sanusi optimis desa dan kelurahan di Kabupaten Bengkalis, termasuk Duri, Kecamatan Mandau dimekarkan pada 2021 ini.

"Saya optimis pemekaran desa dan kelurahan bisa terwujud di Kabupaten Bengkalis pada 2021 ini, sebab sudah menjadi target Bapemperda mesti membereskannya demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat," kata politisi Partai Keadilan Sejahtera saat ngopi bareng dengan sejumlah wartawan di Duri pada Senin (19/7).

Dijelaskan Sanusi, proses pemekaran desa dan kelurahan terus berjalan. Ini bentuk keseriusan Bapemperda DPRD Bengkalis dan pihak terkait baik Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Tata Pemerintahan, yang tak henti-henti menggelar pertemuan dan rapat guna mewujudkan pemekaran.

Saat ini proses pemekaran desa dan kelurahan sudah mencapai 50 persen. Untuk pemekaran desa, Tim Verifikasi sudah turun ke desa-desa melakukan kajian dan peninjauan lapangan. Sedang pemekaran kelurahan, naskah akademiknya telah disusun. Memang, masih ada dua kelurahan di Kecamatan Mandau yang belum membereskan berita acara. Hal ini tak masalah, sebab ini cuma soal berita acara tidak menjadi kendala untuk mewujudkan pemekaran kelurahan.

"Saya optimis pemekaran desa dan kelurahan pada tahun 2021 bakal kelar. Apalagi, saya tidak ada kepentingan, pemekaran ini untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat," bebernya.

Masih Sanusi, di awal proses pembahasan pemekaran desa dan kelurahan. Saya usulkan pemekaran Kelurahan Air Jamban 9 kelurahan, berarti sama induk jadi 10 kelurahan.

Tapi, pemekaran kelurahan Air Jamban yang diusulkan cuma dua. Artinya jumlahnya cuma 3 kelurahan sama induknya tak seimbang dengan kepadatan penduduk telah mencapai 62 ribu jiwa.

"Saya tak habis pikir dengan usulan pemekaran tersebut, mestinya bercermin ke daerah lain para pengambil kebijakan berlomba-lomba memekarkan daerahnya untuk menjawab berbagai persoalan yang dikeluhkan masyarakat di segala bidang.

Selain itu, bicara mengenai anggaran makin banyak pemekaran makin besar pula anggaran yang didapat dari pusat, dan makin besar pula peluang menggali Pendapatan Asli Daerah (PAD). Apakah tidak terlintas dibenak lewat pemekaran kita bisa dan mampu membenahi daerah ini ke arah lebih baik?

Untuk itu, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis, khususnya Duri sekitarnya, meliputi empat kecamatan, Mandau, Bathin Solalan, Pinggir, dan Talang Muandau, mari dukung pemekaran desa dan kelurahan biar dapat diwujudkan, imbaunya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait