Satgas Yonif MR 413 Kostrad Salurkan Bantuan Alkes ke 15 Gereja di Papua

Jayapura, katakabar.com - Satuan Tugas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad membagikan bantuan berupa alat kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid 19 kepada 15 Gereja yang tersebar di Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom, berupa masker, hand sanitizer, herbavid-19, vitamin C, tanki spray elektrik dan tablet disinfektan.

Ribuan alat kesehatan ini untuk pencegahan Covid 19 dengan sasaran Gereja, saat masyarakat menunaikan ibadah rutin hari Minggu.

"Kami ingin membantu dan menjamin masyarakat khususnya di wilayah Perbatasan RI-PNG, tetap dapat beribadah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan menggunakan alat kesehatan yang kami berikan," ujarnya Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad, Mayor Inf Anggun Wuriyanto, lewat keterangan tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Papua, Minggu (17/1) kemarin.

Dijelaskan Mayor, alat kesehatan yang diberikannya kepada masyarakat Perbatasan RI-PNG. Berdasarkan laporan para Komandan Pos jajaran, dari 15 Gereja yang dapat bantuan, rinciannya 2.500 Masker, 1500 hand sanitizer 500 ml, 2.000 hand sanitizer 100 ml, 200 strip vitamin C, 150 kotak herbavid-19, 50 tanki spray elektrik dan 100 tablet disinfektan," bebernya.

Sebelum dilakukannya pembagian alat-alat kesehatan lanjutnya, para Komandan Pos edukasi cara penggunaan dari masing-masing alat sehingga masyarakat memahami tujuan alat itu.

"Para Danpos beserta anggotanya memberikan edukasi cara penggunaan alat kesehatan tersebut. Contohnya, cara memakai masker yang baik, penggunaan hand sanitizer yang tidak berlebihan, konsumsi vitamin C sehari sekali, mengkonsumsi Herbavid-19 bagi yang memiliki gejala batuk dan cara penggunaan Tanki spray elektronik beserta tablet disinfektannya," cerita Mayor Anggun.

Orang Nomor Satu di Satgas Yonif MR 413 Kostrad menambahkan, kegiatan pembagian alat kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid 19 ini, bakal berlanjut dengan waktu dan sasaran yang berbeda.

"Dalam waktu dekat ini, kami bakal membagikan alat-alat tersebut, seperti di tempat ibadah Masjid pada saat pelaksanaan Ibadah solat Jum'at dan di Perkantoran seperti PLBN Skouw, Distrik, Polsek, Koramil, Puskesmas, Kantor Kampung, serta diberbagai tempat umum lainnya."

Harapannya, bantuan alat kesehatan bermanfaat bagi masyarakat dan wabah Covid 19 ini tidak merebak hingga ke wilayah Perbatasan RI-PNG, pintanya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait