Satu Lagi, Santri Asal Siak yang Baru Balik Dari Magetan Dinyatakan Positif Covid-19

Siak, katakabar.com - Seorang santri laki-laki berusia 18 tahun yang berdomisili di Kelurahan Mempura, Siak, Riau, menjalani isolasi diri di RSUD Tengku Rafian Siak setelah dinyatakan postif virus Corona (Covid-19).

Sebelumnya, pelajar inisial RAN ini masuk dalam kriteria orang tanpa gejala (OTG) setelah pulang dari pondok pesantren di Magetan, Jawa Timur.

"Dia terkonfirmasi positif setelah kita mendapat hasil Swab-nya hari ini. Yang bersangkutan di Swab pada hari Minggu lalu setelah menyelesaikan isolasi mandiri," kata Wakil Kepala Sekretariat Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Siak, Budhi Yuwono menjawab katakabar.com, Jumat (22/5).

Yang bersangkutan sebelumnya telah melakukan isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari setelah pulang dari Magetan. 

Bahkan, kata Budhi, sebelum balik ke Siak, sudah dilakukan pemeriksaan suhu terhadap santri tadi di pondok pesantrennya.

"Dia sehat. Tak ada gejala sakit apapun, baik batuk maupun demam. Maka itu dia tidak di rawat dan langsung bisa pulang ke rumah dengan catatan isolasi mandiri," kata Budhi.

Lantaran dinyatakan postif Corona, di tempat tinggal yang bersangkutan dianggap Episentrum. Maka itu keluarga dan tetangganya diisolasi mandiri selama 14 hari kedepan.

"Pasar mingguan Geronggang yang tak jauh dari tempat tinggal yang bersangkutan juga ditutup sementara ini. Sebab kita tak tahu selama diisolasi mandiri, bagaimana interaksi antara dia dengan keluarga dan orang-orang di daerah itu. Untuk itu kita tutup dulu sementara pasar mingguan itu dan melihat bagaimana kondisi masyarakat di sana selama 14 hari kedepan," kata dia.

Sebelumnya, teman RAN yang sama mondok di pesantren di Magetan, Jawa Timur juga dinyatakan positif Covid-19. Santri yang berdomisili di Kecamatan Dayun itu sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafian Siak lantaran sakit usai balik dari pondok pesantren.

Sempat selama lima hari di rawat, hasil Swab santri itu pun keluar pada Rabu (20/5) kemarin dan dinyatakan postif Corona.

Editor : Sahril

Berita Terkait