Sayed-Reni Didukung Demokrat dan PKS, Tiga Paslon Bertarung di Pilkada Siak

Siak, katakabar.com - Peta koalisi partai politik di Pilkada Siak 2020 kemungkinan besar mengerucut ke tiga calon kandidat. 

Golkar (8 kursi) dan Gerindra (4 kursi) sudah mengumumkan Said Arif Fadillah-Sujarwo sebagai jagoannya. Kedua calon ini sudah mengantongi 12 kursi di DPRD Siak.
Artinya, sudah memenuhi syarat maju Pilkada Siak yang harus mengantongi 8 kursi di DPRD Siak.

Begitu pula dengan PAN (7), PKB (3), PPP (2) dan NasDem (2), yang sudah memberikan surat keputusan (SK) mendukung pasangan Alfedri-Husni Mirza. Calon petahana ini pun sudah mengantongi 14 kursi di DPRD Siak. 

Bahkan, dukungan ke petahan kian bertambah setalah Partai Hanura memberikan rekomendasi tunggal pada Selasa kemarin (28/7). Rencananya, pekan depan DPP Partai Hanura akan menyerahkan langsung SK dukungan itu kepada Alfedri-Husni. 

Hanura sendiri memiliki 2 kursi di DPRD Siak. Jika partai besutan Oesman Sapta Odang ini merapat, maka petahana mengatongi 40 persen atau 16 kuris dukungan di DPRD Siak. 

Kini muncol poros ketiga. PKS dan Demokrat pun sepakat berkoalisi mengusung Sayed Abubakar A Assegaf sebagai calon bupati dan calon wakil bupati, Reni Nurita.

Dukungan kedua partai itu ditandai dengan pemberian SK. PKS dengan Nomor 196/SKEP/DPP-PKS/2020 yang ditandatangani Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman dan Sekjen Mustafa Kamal pada 23 Juli lalu.

Sementara SK DPP Partai Demokrat yang ditandatangani oleh Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono dan Sekjen Teuku Riefky Harsya pada 14 Juli lalu, bernomor 82/SK/DPP.PD/2020.

Kedua partai itu, sama-sama memiliki 4 kursi di DPRD Siak. Artinya, pasangan Sayed-Reni sudah bisa berlayar dengan mengantongi 8 kursi di DPRD Siak.

"Alhamdulillah. Demokrat dan PKS mendukung kita. Dalam waktu dekat ini kita akan deklarasi," kata SAA, sapaan akrab Sayed Abubakar A Assegaf menjawab katakabar.com, Kamis (30/7).

SAA sendiri merupakan mantan Anggota DPR RI periode 2014-2019 dari Partai Demokrat. Sementara Reni, politisi PKS.

Kini tinggal PDI Perjuangan yang belum menyatakan sikap. PDI Perjuangan sendiri memiliki 4 kursi di DPRD Siak. 

Namun untuk diketahui, dalam proses penjaringan yang dilakukan PDI Perjuangan September 2019 lalu, yang mengambil formulir calon bupati SAA dan Turyono. Sementara kedua calon bupati tadi, Alfedri dan Said Arif Fadillah tidak mendaftar ke partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut.

Editor : Sahril

Berita Terkait