Sederet Hukuman Menanti Warga Siak yang Tak Pakai Masker

Siak, katakabar.com - Operasi yustisi penegakan protokol kesehatan di Kabupaten Siak, Riau mulai dilaksanakan. Warga yang tak mengenakkan masker dihukum menyapu jalan hingga memungut sampah.

"Sebelum Perda tentang Covid-19 disahkan, untuk sementara ini kita berikan teguran dan sanksi sosial seperti menulis pernyataan sendiri untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, memungut sampah hingga menyapu jalan bagi pelanggar protokol kesehatan," kata Wakapolres Siak, Kompol Zulanda kepada wartawan, Senin (14/9).

Zulanda mengatakan, operasi yustisi dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia mulai Senin (14/9). Tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Kita bergabung dengan TNI dan Satpol-PP. Fokusnya kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan terutama bagi yang tidak menggunakan masker," kata dia.

Untuk tahap awal, lanjut Zulanda pihaknya memberikan masker bagi pelanggar. Seterusnya, pihaknya meminta agar masyarakat punya kesadaran dan mematuhi protokol kesehatan. 

"Kita tak henti-hentinya mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin hingga menjaga jarak, agar terhindar dari penyebaran virus tersebut," ujar Zulanda.

Editor : Sahril

Berita Terkait