Selepas Salat Jumat di Gedung Bathin Betuah

Duri, katakabar.com - Gedung itu bernama Bathin Betuah berada di komplek perkantoran Kecamatan Mandau Jalan Jenderal Sudirman Duri, Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis.

Ruangannya cukup luas, berbentuk segi panjang, sehingga mampu menampung seribuan orang. Di bagian depan ada podium dilengkapi dengan papan tempat untuk menempelkan spanduk.

Bathin Betuah makin lengkap dengan sound system dan pengeras suara, moublier, seperti kursi serta lainnya. Ini alasannya, Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Kecamatan Mandau selalu menggunakan gedung ini untuk tempat berbagai acara dan kegiatan.

Memasuki pekan ketiga Oktober 2020 lalu, puluhan Jurnalis yang bertugas di Duri meliputi empat kecamatan, Mandau, Bathin Solapan, Pinggir dan Talang Muandau berkumpul di Bathin Betuah.

Para jurnalis memenuhi undangan silaturahmi Penjabat Bupati Bengkalis, Syahrial Abdi, yang belum genap sebulan bertugas di Negeri Junjungan nama lain dari Kabupaten Bengkalis.

Sebelum acara utama digelar, lebih dulu tetamu bersama Pj Bupati Bengkalis didampingi sejumlah Asisten Setdakab Bengkalis, OPD dan Kabag Pemkab Bengkalis bersantap siang bersama.

Lepas itu, Asisten III Setdaprov Riau menjelaskan secara komprehensip dan konkrit misi dan target capaiannya menjadi Penjabat Bupati di Kabupaten Bengkalis.

"Saya punya empat tugas dan tanggung jawab mesti dibereskan, dari mulai dilantik hingga berakhirnya nanti masa jabatan sebagai Penjabat Bupati Kabupaten Bengkalis," ujarnya.

Baca sebelumnya https://katakabar.com/berita/baca/kolaborasi-di-tengah-ketidaksesuaian-menuntaskan-4-misi-syahrial-abdi

Kata mantan Penjabat Bupati Kampar ini, saya baru tiga pekan lebih bertugas di Kabupaten Bengkalis. Saya sudah turun ke Duri meninjau beberapa aset - aset Pemda Kabupaten Bengkalis, baik pembangunan sudah rampung maupun yang masih mangkarak.

"Terminal AKAP di simpang lima, Desa Petani, Kecamatan Bathin Solapan, Arena Balap dan Stadioan di Jalan Stadion Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, serta aset - aser Pemda Bengkalis lainnya yang belum digunakan dan difungsiikan semesetinya."

Bangunan yang sudah rampung lanjut mantan Plt Kepala Bapenda Riau ini, perlu dipelajari lebih dulu secara detil. Terus baru dicari solusinya biar dapat digunakan sesuai perencanaan awal mula pembanguman.

Untuk bangunan yang mangkrak, butuh proses lebih agar pembangunan dapat dilanjutkan sesuai prosedur dan perundang - undangan yang berlaku.

Terminal AKAP Duri, jika tidak bisa dimanfaatkan bakal dialih fungsikan untuk fasilitas pendidikan. Begitu pula BLKM yang ada di kawasan Jalan Pipa Air Bersih, Kecamatan Bathin Solapan, bakal difungsikan biar bermanfaat bagi kemaslahatan masyarakat.

Setelah mengurai misi dan ragam persoalan yang ditanyakan para jurnalis. Selepas salat ashar Penjabat Bupati Bengkalis melanjutkan pertemuan dan ramah tamah dengan para ketua RT Kecamatan Mandau.

Mantan Kepala ESDM Provinsi Riau ini meminta RT RW untuk tetap menjaga netralitas dan meredam situasi dan kondisi politik memanas di wilayahnya.

Harapannya, kepada para RT RW dan Lurah serta seluruh perangkat Kelurahan maupun Desa untuk menjaga netralitas dalam tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis tahun 2020 ini.

"Kita mesti senantiasa menjadi penengah, jangan malah menjadi pemecah,” imbaunya.

Terima kasih atas pengabdian para RT RW yang berada digaris terdepan yang menghadapi masyarakat dengan berbagai persoalan.

"Saya yakinkan, insentif para RT RW tetap dipandang sebagai hal yang perlu dipertahankan termasuk para honorer."

Soal Covid 19 lanjut Syahrial Abdi, berharap para RT RW senantiasa mengingatkan warganya untuk mengikuti protokol Covid 19, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corna.

“Tetap waspada dan tidak mengabaikan imbauan, salah satu usaha mencegah penyebaran Covid 19. Ini perlu selalu diingatkan kepada masyarakat, sebab keadaan yang belum stabil dan normal."

Saat ini kasus Covid 19 di Kabupaten Bengkalis semakin meningkat, khususnya di Kecamatan Mandau persentasenya mencapai 49 persen, tandasnya.






Editor : Aziz

Berita Terkait