Semen Gresik Optimistis 2020 Bisa Capai Target

Rembang, katakabar.com – PT Semen Gresik menatap tahun 2020 dengan lebih percaya diri. Optimisme itu timbul setelah melihat kinerja perseroan yang cemerlang sepanjang 2019.

Direktur Utama PT Semen Gresik Mukhamad Saifudin mengatakan Semen Gresik berhasil melewati berbagai tantangan sepanjang 2019 dengan kinerja yang luar biasa. Mulai dari melonjaknya produktivitas, kualitas produk yang terjaga.

Kinerja keuangan Semen Gresik juga mengkilap. Laba perusahaan melonjak signifikan dibandingkan capaian tahun lalu. Bahkan mencapai 103% dibanding target korporasi. "Ini kinerja yang luar biasa. Kami dituntut berlari namun ternyata bisa lebih dari itu. Kami bahkan mampu melompat," katanya, Senin (13/1).

Selain itu, capaian kian mengkilap berkat apresiasi dan penghargaan dari berbagai elemen baik tingkat pusat maupun daerah.

Beberapa di antaranya seperti Penghargaan dan Sertifikasi Industri Hijau dari Kementrian Perindustrian, Bendera Emas terkait penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dari Kementrian Ketenagakerjaan, Proper Biru dari Kementrian LHK, Top Brand Award hingga Penghargaan Good Mining Practice (GMP) Terbaik 1 perusahaan tambang skala besar dari Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Mukhamad Saifudin kinerja cemerlang 2019 itu menjadi bekal berharga untuk menghadapi tahun 2020 yang kian kompetitif.

"Kompetisi tahun 2020 masih ketat karena over capacity berlangsung hingga beberapa tahun mendatang. Inovasi harus terus dilakukan semisal pembuatan produk turunan. Sedang peluang efisiensi semisal penggunaan raw material alternatif," jelasnya.

Komisaris PT Semen Gresik Widodo Santoso juga mengapresiasi kinerja 2019. Berdasar data, Semen Gresik berhasil menurunkan emisi gas rumah kaca sebanyak 123 ton dalam setahun.

Selain itu Semen Gresik juga melakukan efisiensi air sebesar 17,70 %. Bahkan pemakaian daur ulang air limbah (recycle water) tercatat sebesar 100%. Sedangkan efisiensi energi panas sebesar 7.54% dan efisiensi energi listrik capaiannya 10.90%.

"Saya berharap dalam 3 - 4 tahun mendatang, Semen Gresik bisa menjadi industri ramah lingkungan yang jadi percontohan nasional," ujarnya.

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait