Sempat Mandek, Disdukcapil Rohul Kembali Layani Masyarakat

Pasir Pengaraian, katakabar.com - Setelah sempat terhenti akibat pademi COVID 19, kini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Rokan Hulu (Rohul) kembali laksanakan perekeman dokumen pencatatan sipil langsung ke warga.

Desa Tambusai Timur di Kecamatan Tambusai, menjadi desa pertama di massa new normal COVID 19 yang dapatkan program pelayanan jemput bola untuk perekaman dokumen pencatatan sipil langsung cetak di lokasi pelayan.

"Desa pertama dimasa new normal yang dapat pelayanan jemput bola, yakni Desa Tambusai Timur. Kita terjunkan 6 petugas kita dan 1 set alat mereka melaksanakan pelayanan Kartu Keluarga (KK), KTP el mulai Selasa 15 hingga Jumat 18 Juli 2020. Petugas kita mandah di desa itu, memudahkan beri pelayanan ke masyarakat," kata Kepala Disduk Capil Rohul, Syaiful Bahri.

Syaiful juga menyatakan, pelayanan jemput bola dilaksanakan ke 6 petugasnya dari pagi hingga selesai, bahkan terkadang pada malam hari masih melayani masyarakat yang lakukan perekeman dokumen.

"Bagi desa lain di Rohul, juga bisa mengajukan perekaman dokumen sistim jemput bola. Namun itu harus permintaan kades dengan data lengkap warganya yang akan lakukan perekaman dokumen pencatatan sipil dan kita lakukan verifikasi dulu," terang Syaiful, Kamis.

Dihari pertama program jemput bola sebut Syaiful, warga Desa Tambusai Timur yang sudah lakukan perekeman dokumen, 64 warga perekaman KTP dan cetak KK 22 lembar.

Kemudian program jemput bola ke masyarakat sebut Syaiful, sesuai intruksi Bupati Rohul H.Sukiman, bagaimana agar bisa memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan perekeman dokumen pencatatan sipil dengan mendatangi masyarakat di desa.

"Setelah dibuka pelayanan di Kantor Disdukcapil Rohul, baik tatap muka dan online kini per harinya petugas kita melayani 200 hingga 500 orang per hari warga yang lakukan perekaman dokumen. Bahkan saat ini sehari saja kita cetak KTP el 200 sampai 350 kepiny per harinya. Untuk stok blangko KTP el kini masih tersisia 1.025 keping, dan mudah mudahan Jumat besok kita dapat lagi 6.000 keping blangko KTP el," ucap Syaiful.

Editor : Anggi

Berita Terkait