Semua Paslon Hadir, KPU Meranti Susun Agenda Debat Secara Sistematis

Meranti, katakabar.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti, Riau melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti, di pekan kedua November 2020.

"Agenda rakor malam itu di kantor KPU Kepulauan Meranti, dihadir 4 pasang calon peserta Pilkada Kepulauan Meranti, meliputi Paslon Wabup nomor urut 1, Asmar, Cabup nomor urut 2, Hery Syahputra, Cabup nomor urut 3, Mahmuzin Taher, dan Cabup nomor urut 4, Said Hasyim. Turut mengawal jalannya Rakor, Wakapolres, Kasat intel dan Bawaslu," kata Ketua KPU Kepualauan Meranti, Abu Hamid, diteruskan Kordiv SDM dan Parmas, Hanafi kepada katakabar.com di ujung selulernya, tadi malam.

Acara dibuka Ketua KPU Kepulauan Meranti dan dipandu langsung Kordiv SDM dan Parmas, Hanafi sebagai penanggung jawab.

"Kita dalam hal ini, sosialisasi giman teknis pelaksanaan debat, yang digelar pada 23 November 2020 di Ballroom Grand Meranti hotel. Ada beberapa ketentuan debat yang harus diketahui mulai dari undangan cuma 1 Paslon dan 4 tim kampanye, 5 orang komisioner KPU dan Bawaslu," ujarnya.

Bagi undangan atau tim kampanye dilarang membawa atribut dan bahan kampanye, meneriakkan yel-yel atau bentuk dukungan terhadap salah satu Paslon yang menggangu ketertiban debat, dan melakukan intimidasi dalam bentuk ucapan dan tindakan.

Masih kata Hanafi, ada ketentuan lain bagi Paslon yang tidak hadir dan tidak mempunyai alasan, iklan kampanye Paslon tersebut distop setelah Paslon yang bersangkutan tidak mau ikut debat.

Kalau alasanny melakukan ibadah umrah atau sakit, wajib ada surat keterangan dari dokter.

Rugi kalau sempat ada Paslon yang tak mau debat, sebab debat nanti bakal disaksikan seluruh masyarakat Meranti disiarkan live di TVRI. Kenapa memilih TVRI, lantaran sudah bisa dilihat lewat parabola dan bekerjasama dengan TV Kabel Selatpanjang.

Selain itu, disiarkan pula di Facebook dan YouTube KPU Kepulauan Meranti. Masyarakat kita sudah cukup pintar untuk menilai mana pemimpin yang bisa membangun Meranti, jelasnya.

Ketua Bawaslu kepulauan Meranti, Syamsulrizal menekankan, untuk mematuhi protokol kesehatan dan independensi dari panelis dan moderator.

"In Shaa Allah, panelis dan moderator debat orang yang mempunyai dedikasi tinggi, tidak bisa di intervensi. Tapi kita tidak mau di sebut di sini, kita lihat saja nanti, siapa panelis dan moderatornya, biar betul-betul rahasia."

Editor : Sahdan

Berita Terkait