Serahkan Sertifikat Tanah, Ini Pesan Sekda Bengkalis

Bengkalis, katakabar.com - Pelaksana Harian Bupati Bengkalis, Bustami HY serahkan sertifikat tanah untuk rakyat secara virtual lewat kegiatan Redistribusi tanah dan sertidikat tanah wakaf se Provinsi Riau, di ruang rapat Hang Tuah Kantor Bupati Bengkalis, pada Jumat (7/8).

Penyerahan sertifikat tanah itu diikuti 12 Kabupaten dan Kota se Riau dilakukan secara virtual disaksikan oleh Gubernur Riau, Syamsuar dan Menteri ATR Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia.

Tujuan Redistribusi tanah untuk mengurangi ketimpangan struktur Pemilikan, Penguasaan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (P4T) antara pemegang Hak Guna Usaha (HGU) dengan masyarakat sekitar, kata Sekda Kabupaten Bengkalis.

Tak cuma itu ujar Bustami, untuk memberikan kepastian hukum hak atas tanah kepada yang memenuhi persyaratan sehingga dapat memperbaiki serta meningkatkan keadaan sosial ekonomi subjek redistribusi tanah.

Redistribusi tanah di Kabupaten Bengkalis totalnya 750 sertifikat tanah di dua Kecamatan, Kecamatan Pinggir dan Talang Muandau meliputi, Kelurahan Balai Raja 61 sertifikat, Desa Tengganau 107 sertifikat, Semunai 95 sertifikat, Desa Muara Basung 317 sertifikat dan Desa Kuala Penaso 170 sertifikat, beber Plh Bupati Bengkalis.

Cerita suami Akna Juwita ini, adanya sertifikat redistribusi tanah petani penggarap mendapat kepastian hak sekaligus dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pola kemitraan.

Itu sebabnya, kepada masyarakat dapat menggunakan sertifikat tanah untuk modal untuk usaha kecil dan menengah di sektor informal, di tengah perlambatan ekonomi nasional disebabkan pandemi Covid 19 dan ketimpangan sosial ekonomi yang semakin besar. Penting tidak mengalihkan hak atas tanah kepada pihak orang lain, jelasnya.

 

Editor : Sahdan

Berita Terkait