Semua Orang Mesti Tahu Anggaran

Siap - siap, Perbup Bakal Terbit Ikat Tiap PD di Lingkup Pemkab Bengkalis

Bengkalis, katakabar.com - Sebagai wujud transparansi, semua orang mesti tahu berapa besaran anggaran di masing-masing Perangkat Daerah di Pemerintah Kabupaten Bengkalis. 

Itu ditekan Penjabat Bupati Kabupaten Bengkalis, Syahrial Abdi di pertengahan Januari 2020 lalu, saat penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran SKPD atau DPA SKPD tahun anggaran 2021, kepada seluruh Pengguna Anggaran di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Penyerahan DPA tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Dang Merdu, lantai IV kantor Bupati Bengkalis, Jalan Jenderal Ahmad Yani 070 Bengkalis.

Selain itu, di tempat yang sama, masing-masing Kepala Perangkat Daerah atau Pengguna Anggaran, teken perjanjian kinerja dan pakta integritas.

Sekretaris Daerah, Bustami HY, Staf Ahli Bupati dan para Asisten Sekretariat daerah Bengkalis, Kapolres Bengkalis, AKBP Hendra Gunawan turut di sana.

Dijelaskan Asisten III Setdaprov Riau ini kepada katakabar.com di ujung telepon genggamnya pada Senin (18/1) pagi, bagaimana caranya masyarakat mengetahui anggaran di masing - masing Perangkat Daerah (PD), bisa mengakses website Diskominfotik.bengkaliskab.go.id

Di website resmi Pemerintah Kabupaten Bengkalis ini, masyarakat bisa melihat anggaran dan penggunaan masing - masing PD. Memang, namanya tranparansi atau keterbukaan dan pertanggung-jawaban ada kode etiknya, serta tidak telanjang seperti yang dibayangkan semua orang.

"Dibanding anggaran tahun sebelumnya, pada anggaran tahun 2021 ini masing-masing PD di lingkup Pemkab Bengkalis lebih transparan," bebernya optimis.

Kata Syahrial Abdi, membangun perubahan sistem keterbukaan dan pertanggung jawaban anggaran yang bisa diakses masyarakat (publik) tidak mudah, mesti ada kemauan dan niat dari masing-masing PD.

Untuk itu, dalam rangka membangun transparansi anggaran di masing-masing PD. Kita bakal siapkan Perbup yang bakal mengikat konsistensi masing-masing PD, agar transparan dan mau mempublikasikannya ke website Diskominfotik.bengkaliskab.go.id

"Saat ini draf Perbup lagi disiapkan untuk mengikat masing - masing PD di lingkup Pemkab Bengkalis. Harapannya, dalam waktu dekat beberpanPerbup sebagai wujud transparasi anggaran segera terbit dan bisa saya teken."

Berbekal pengalaman Penjabat Bupati Bengkalis ini di Pemprov Riau, Syahrial Abdi optimis masing-masing PD di lingkup Pemkab Bengkalis optimis bersama-sama guna mewujudkan transparansi anggaran pada Tahun Anggaran 2021 ini.



Editor : Sahdan

Berita Terkait