Siap-siap, Pilkades Serentak Bakal Dihelat di Pelalawan

Pelalawan, katakabar.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan sudah memastikan Pemilihan Umum Kepala Desa (Pilkades) serentak dihelat pada pertengahan bulan November 2021 nanti, setelah sempat ditunda dua kali.

Total 61 desa dari 12 kecamatan, dan 104 desa yang melaksanakan pesta demokrasi Pilkades serentak di 'Negeri Seiya Sekata' nama lain dari Kabupaten Pelalawan.

Pelaksan Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pelalawan, Novri Wahyudi kepada katakabar.com, pada Senin (28/9) menjelaskan, sebanyak 61 desa yang gelar  Pilkades pada 17 November 2021 mendatang.

Pilkades Kabupaten Pelalawan tahun 2021 ini sangat menarik untuk diikuti, sebab para calon kepala desa tidak cuma dari masyarakat sipil, tapi mantan anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentar Nasional Indonesi (TNI) Angkatan Darat (AD) ikur mengadu nasib di pemilihan Kepala Desa.

"Bakal Calon (Balon) sudah mencapai 183 orang telah mengurus persyaratan untuk mendaftar menjadi calon kepala desa, dan bisa Balon Kades bakal bertambah."

Pilkades serentak gelombang ketiga ini bakal berjalan seru. Dari pengamatan, dua personel TNI yang masih aktif, dua mantan anggota DPRD Kabupaten Pelalawan dan ASN yang masih aktif bakal ikut di pesta demokrasi tersebut, jelasnya.

Kata Novri, dua mantan anggota dewan yang  mengikuti Pilkades berasal dari Kecamatan Kuala Kampar dan Kecamatan Pangkalan Kuras.

Bekas dewan, dan ASN, terus TNI tidak perlu mengudurkan diri, cukup ajukan cuti. Diketahui masing-masing sudah mengurus semua persyaratan administrasi yang dibutuhkan.

"Mereka sudah melengkapi dokumen, seperti surat kesehatan, bebas narkoba, tidak pernah dihukum dan persyaratan lainnya," ulasnya.

Pendaftaran Balon Kades dimulai pada 18 hingga 26 September 2021gelombang pertama. Bila waktunya bertambah, DPMD perpanjang masa pendaftaran, tambah mantan Kabag Tapem ini.

Editor : Sahdan

Berita Terkait