Silaturahmi, Pj Bupati dan LAMR Mandau Bahas Limbah Padat PT Chevron

Duri, katakabar.com - Sore kemarin, Penjabat Bupati Bengkalis, Syahrial Abdi didampingi sejumlah PD di lingkup Pemkab Bengkalis, Kapolres Bengkalis, AKBP Hendra Gunawan serta lainnya bersilaturahmi dengan para Datuk, perwakilan, LSM, Ormas, OKP, Laskar serta pagar negeri lainnya, di gedung Lemabaga Adat Melayu (LAM) Riau di bilangan Jalan Hang Tuah Duri, Kecamatan Mandau.

Asisten III Pemrov Riau bersama rombongan disambut Ketua DPH LAMR Kecamatan Mandau, Datuk Revolaysa, dan Datuk Rona Aidin, Datuk Fakhrudin Syarif serta Pengurus Rumpun Melayu Kecamatan Mandau, Safarudin Sape 

"Sebagai payung adat, saya sangat khawatir dengan maraknya pembuangan limbah pabrik, baik limbah padat mau pun limbah cair di Kecamatan Mandau," kata Penjabat Bupati Bengkalis.

Soal limbah pabrik ujar Syahrial Abdi, Pemerintah Kabupaten Bengkalis sudah menerima kunjungan PT Nasional Hijau Lestari (NHL), perusahaan yang dibentuk dari Kementerian Lingkungan Hidup, BUMN dan Migas, Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksinya), pengoperasian limbah pabrik satu-satunya yang ada di Provinsi Riau dan ditempatkan di "Kota Duri", jelasnya.

Perusahaan tersebut bakal mempekerjakan tenaga kerja dari anak tempatan dengan persentase 80 persen. Hal ini membuka lapangan pekerjaan yang besar bagi anak-anak tempat nantinya, ulas Abdi seraya menjelaskan pengoperasian limbah ilegal dari PT Chevron bakal ada keputusan dari Kapolres Bengkalis. 

Ketua MKA LAMR Kecamatan Mandau, Datuk Revolaysa menimpali, kami sudah tiga kali melaksanakan perundingan mengenai ada PT ilegal mengambil limbah padat dari areal PT Chevron. Hasilnya tidak dibagikan kepada masyarakat Kecamatan Mandau. 

"Kami mau keputusan dari Pak Pj Bupati Bengkalis, untuk memberikan solusi dan saran apa yang kami lakukan ke depan, agar limbah padat tersebut tidak diambil lagi oleh PT Ilegal tersebut", tanya Datuk Revolaysia.

Sekedar diketahui, sudah hampir sebulan belakangan ini ada sebuah perusahaan mengangkut limbah padat dari areal PT Chevron, yang ditumpuk di salah satu Yard di kawasan Kulim, Kecamatan Bathin Solapan.

Perusahaan itu kabarnya pemenang lelang limbah padat PT Chevron. Perusahaan ketahuan sebagai pemenang lelang limbah padat perusahaan raksasa dunia di bidang perminyakan, setelah ada protes dari Ormas, OKP, LSM dan Laskar yang mengadu ke LAMR Kecamatan Mandau.

Persoalan limbah padat PT Chevron dibawa ke meja perundingan, perwakilan perusahaaan dan perwakilan Ormas, OKP, LSM, pagar negeri,seperti laskar dan lainnya berdiskusi dan musyawarah mufakat.

Setelah berita acara disepakati dan diteken bersama, perusahaan pemenang lelang limbah padat tak konsisten terkesan melecehkan LAMR Kecamatan Mandau.

Perwakilan Ormas, OKP, LSM dan Laskar bersama LAMR tidak terima, rencananya bakal menggelar aksi demo. Tapi, lantaran masih menghargai para pemangku kebijakan di Kabupaten Bengkalis, aksi demo ditunda sementara.

Editor : Sahdan

Berita Terkait