Soal CSR, PT EDI Layak Jadi Pilot Project

Rokan Hulu, katakabar.com - Andai seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu seperti PT Eka Dura Indonesia (EDI), bisa jadi keberadaan perusahaan di Rokan Hulu bakal berdampak baik dan positif bagi masyarakat.

Lihat, PT Eka Dura Indonesia (EDI) untuk kesekian kali salurkan tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSJP) atau Corporate Social Responsibility (CSR), pada pekan kedua Februari 2021 lalu, sebagai sarana yang pas untuk memberdayakan masyarakat.

Tidak cuma komitmen, CSR perusahaan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar perusahaan. Dengan CSR, target SDG’s atau Sustainable Development Goal’s dapat tercapai dengan baik.

Salah satu anak usaha PT Astra Agro Lestari Tbk yang bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit sudah mengimplentasikan program TJSP. PT Eka Dura Indonesia (PT EDI) berperan aktif dalam pembangunan Kabupaten Rokan Hulu, khususnya Desa jadi ring satu operasionalnya.

Administratur PT EDI, Sumarno menjelaskan, program CSR yang sudah dijalankan PT EDI dalam bidang Pendidikan. PT EDI selalu konsisten setiap tahun membagikan beasiswa bagi siswa kurang mampu dan berprestasi.

Kata Sumarno, insentif bagi guru sekolah ring 1, pemberian bantuan sarana dan prasaran olahraga, pembangunan fisik sekolah, dan peningkatan kompetensi guru selalu disalurkan.

"PT EDI memberikan perhatian khusus pada peningkatan kesehatan di Desa ring 1. Lihat, pemberian makanan tambahan untuk Posyandu Desa, pelatihan kader Posyandu, sunatan masal dan melaksanakan donor darah bekerjasama dengan PMI Rokan Hulu," cerita Sumarno, pada Senin (15/2).

Banyak lagi yang selalu diperhatikan lanjutnya, untuk perbaikan jalan rutinitas dilaksanakan, pencucian sungai, penanaman pohon pelindung di sepadan sungai, budidaya tanaman buah langka, semenisasi parit desa dan memberikan support bagi sekolah untuk menjalankan program lingkungan Adiwiyata, bagian dari program CSR di bidang lingkungan PT EDI.

Bidang Ekonomi, PT EDI berperan aktif dalam membantu UMKM masyarakat desa sekitar seperti pemberian cangkang untuk rebusan air isi ulang, Bantuan budidaya ikan, dan pelaksanaan program IGA (Income Generating Activity) sawit dan non sawit serta pembuatan kebun plasma pola KKPA.

"PT EDI, tak cuma melaksanakan program CSR Rutin setiap tahun, berperan aktif pula membantu pemerintah dalam memutus Penyebaran Covid 19," ulasnya.

Untuk memutus mata rantai Covid 19, PT EDI membuat upaya dengan penyemprotan disinfektan, membagikan masker dan tempat cuci tangan di desa sekitar perkebunan, bebernya.

Camat Kunto Darussalam, Ruslan ikut serahkan program CSR PT EDI menimpali, soal implementasi penyaluran program Corporate Responsibilty (CSR), sebaiknya sejumlah perusahaan lain yang ada di Kecamatan Kunto Darussalam, dan Kabupaten Rohul banyak belajar dan meneladani PT Eka Dura Indonesia.

Dijelaskan Ruslan, semua desa di lingkungan perusahaan PT EDI selalu mendapat sentuhan Program CSR yang digulirkan PT EDI.

"Kami berharap kerjasama antara perusahaan PT EDI dengan masyarakat dan pemerintah dapat terjaga.ke depan hubungan silaturrahmi ini dapat dibangun lebih erat lagi," harapnya.

Banyak perusahaan perkebunan sawit di Kecamatan Kunto Darussalam ujarnya, maksimal dalam memberikan TJSP lewat program CSR baru PT EDI.

Seluruh perusahaan lainnya yang beroperasi di Rokan Hulu, khususnya yang ada di Kuntodarussalam hendaknya dapat mencontoh PT EDI dalam melaksanakan TJSP lewat program CSR, serunya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait