Soal Rencana Pembangunan Rel Kereta Api di Riau

Pekanbaru, Katakabar.com - Rencana pembangunan rel kereta api di Riau untuk sementara waktu ditangguhkan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Hal itu disampaikan Dinas Perhubungan Provinsi Riau.

"Kami tidak tahu persis alasannya tapi mungkin karena di Riau sudah ada tol jadi untuk pembangunan rel kerata api itu belum dilanjutkan," ujar Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Riau Raja Saspi, Rabu (8/7).

Meski demikian hal ini akan tetap menjadi catatan poin penting bagi Kementerian Perhubungan terhadap rencana pembangunan rel kereta api yang sebelumnya sudah digagas.

Saspi menambahkan, salah satu pertimbangan mengapa pembangunan rel kereta api di Riau di tangguhkan kemungkinan besar mengingat nilai investasi yang harus dikeluarkan cukup besar.

Sementara peruntukan dan pemanfaatannya sama dengan fungsi Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) yakni untuk mobilitas angkutan jasa dan barang.

Terhadap material yang sebelumnya sudah berada di Dumai beberapa waktu lalu, dijelaskannya, seluruh material itu dialihkan untuk menunjang pembangunan rel kereta api di daerah Sumatera Utara.

"Kalau tidak keliru material itu dialihkan oleh Kementerian Perhubungan ke Rantau Perapat (Sumut) untuk menyokong kebutuhan material pembangunan rel kereta api di wilayah itu," jelasnya.

Diperkirakan sebelumya di wilayah Dumai sudah ada sekitar 8 bantalan rel kereta api yang sudah dipersiapkan. Namun semuanya sudah dialihkan ke Sumut untuk menunjang pembangunan infrastruktur yang sama di wilayah itu.

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait