Songsong Pemekaran, Lurah: Air Jamban Diusulkan Cuma Dua Kelurahan

Mandau, katakabar.com - Ketua RT dan RW se Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau sepakat, Kelurahan Air Jamban diusulkan pemekarannya menjadi tiga dengan induk kelurahan.

"Pemekaran Kelurahan Air Jamban diusulkan cuma dua kelurahan, itu kesepakatan Ketua RT dan RW se Kelurahan Air Jamban," kata Lurah Air Jamban, Zama Riko D kepada wartawan di kantornya, pada Rabu (31/3) kemari.

Saya mengikuti rapat bersama dengan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) yang di ketuai Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, Yong Sanusi

"Di dalam rapat bersama dengan Badan Pembentukan Peraturan Daerah ada wacana agar kelurahan Air Jamban di mekarkan menjadi 10 kelurahan dengan induk, bila dikaji secara kademisi. Terus, saat wacana ini dibawa rapat bersama tokoh masyarakat, serta ketua RT dan RW se Kelurahan Air Jamban, sepakat untuk pemekaran Kelurahan Air Jamban menjadi tiga sama induk," jelasnya.

Dari hasil musyawarah dengan tokoh masyarakat, dan Ketua RT dan RW sambung Zama Rico, alasannya dilihat dari biografis Kelurahan Air Jamban yang dibelah dua jalan protokol, Jalan Hangtuah dan Jalan Sudirman, sehingga wacana pemekaran strategis bila dimekarkan dua kelurahan lagi.

Diakuinya, usulan pemekaran RT dan RW yang baru totalnya 30 usulan. Kita sudah terima usulan pemekaran RT yang baru sebanyak 28, ditambah usulan pemekaran RW yang baru sebanyak 2 RW. Total usulann saat ini sudah ada 30, dan tidak tertutup kemungkinan jumlah bakal bertambah menjadi 50 usulan, ini sejalan dengan survei, serta menunggu pelaksanaan teknis di lapangan.

"Usulan pemekaran RT dan RW sudah dilaporkan ke kecamatan," bebernya.

Masih Zama Rico, pada prinsipnya Ketua RT dan RW di kelurahan Air Jamban mendukung, dan sangat berharap agar wacana pemekaran bisa terwujud.

"Saya selaku Lurah menyambut baik rencana ini, mengingat Kelurahan Air Jamban jumlah Kepala Keluarga sudah mencapai 26 ribu, dan jumlah jiwa penduduk lebih dari 60 ribu jiwa sudah sangat layak untuk dimekarkan," sebutnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait