Sosialisasi Pelaksanaan APBD 2020, Ini Bisa Cegah 'Korupsi'

Bengkalis, katakabar.com - Kemarin, bertempat di lantai IV Kantor Bupati Bengkalis. Pemerintah Kabupaten Bengkalis taja sosialisasi pelaksanaan Anggaran Pendpatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2020.

Sejumlah wakil rakyat beda daerah pemilihan dipileg 2019 lalu hadir di sana. Ketua DPRD Bengkalis, Khairul Umam serta anggota, dr. Morison Bationg Sihite, Adri, Laurensius Tampubolon dan Zamzami dari total 45 orang legislator.

Ketua DPRD Kabupaten Bengalis, Khairul Umam mengapresiasi adanya sosialisasi. Lantaran ini menjadi tolok ukur dalam melakukan kegiatan guna menghindari tindak pidana korupsi, baik di pemerintahan dan DPRD.

“Pencegahan korupsi bisa dilakukan dari kegiatan sosialisasi. Kurangnya pengetahuan tentang hukum dapat menjadikan seseorang terlibat dalam kasus tindak pidana korupsi."

Kepada seluruh rekan-rekan yang ada di DPRD untuk berhati-hati dalam menggunakan anggaran dan kewenangan agar terhindar dari tindak pidana korupsi, seru Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini.

Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) punya peranan penting untuk mempercepat gerak roda pembangunan, terutama dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ujar Sekdakab Bengkalis, Bustami.

“Proses pelaksanaan APBD merupakan tahapan yang fundamental. Dalam pelaksanaannya mesti seksama berpedoman pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah."

Untuk itu, sosialisasi ini punya makna sangat strategis dalam kerangka pelaksanaan program kegiatan untuk Tahun Anggaran 2020. Ini harus mampu untuk mewujudkan kesamaan persepsi berkenaan dengan kewenangan dan tanggung jawab setiap unsur pengelola keuangan daerah yang berpedoman pada peraturan perundang-undangan, tandasnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait