Sudah Dilengkapi Alat PCR, Labor Biomolekuler Riau Segera Dioperasikan

Pekanbaru,katakabar.com - Dua alat Polymerase Chain Reaction (PCR) yang merupakan alat untuk memeriksa swab dari pasien terindikasi terjangkit virus Corona telah tiba di Pekanbaru Minggu (19/04) sore. Dengan telah datangnya alat yang dipesan dari luar negeri ini, Laboratorium Biomulekuler yang ada di RSUD Arifin Achmad akan segera dioperasikan.
 
Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir kepada media, Senin (20/04) mengatakan saat ini alat PCR itu tengah dalam proses pemasangan instalasi.
 
 "Iya sudah sampai. Nanti kalau sudah siap langsung bisa dipakai tergantung tim ahlinya nanti bagaimana," katanya.
 
Tambahnya, jika alat tersebut sudah beroperasi maka Riau telah dapat melakukan tes swab secara mandiri dan tidak lagi mengirim ke Jakarta seperti yang dilakukan sebelumnya. Sehingga hasil swab akan lebih cepat diketahui sebab alat PCR itu memiliki kapasitas untuk menguji 100 sampel per hari. Dengan demikian penanganan virus Corona semakin maksimal.
 
"Untuk saat ini yang akan kita prioritaskan itu adalah pemeriksaan kepada pasien PDP," terangnya.
 
Untuk diketahui, Laboratorium yang dihadirkan guna mempercepat penanganan pasien virus Corona ini telah disiapkan Pemerintah Provinsi Riau sejak beberapa waktu lalu. Dimana untuk menghadirkan fasilitas ini Pemprov Riau menganggarkan dana sebanyak Rp7 miliar.
Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait