Tak Hanya di Riau, Jet Tempur Amerika Pun Jatuh Saat Latihan

Katakabar.com - Militer Inggris menemukan jasad pilot jet tempur F-15C milik Amerika Serikat yang jatuh di Laut Utara pada Senin (15/6).

"Pilot F-15C Eagle dari 48th Fighter Wing sudah ditemukan dan dinyatakan meninggal dunia," demikian pernyataan resmi Angkatan Udara Inggris (RAF) yang dikutip AFP.

Seorang pejabat RAF mengatakan bahwa saat ini pihaknya belum bisa merilis nama pilot tersebut. Identitas pilot baru bisa diungkap setelah mereka memberi tahu keluarga korban.

Jet tempur F-15C Eagle tersebut jatuh setelah lepas landas dari pangkalan udara Lakenheath di Mildenhall untuk melaksanakan latihan rutin.

Pesawat itu dilaporkan sempat berputar di daerah timur laut Inggris sebelum dinyatakan hilang kontak. Jet tersebut diyakini jatuh saat berada di 137 kilometer dari lepas pantai Yorkshire Timur
Lakenheath sendiri merupakan pangkalan militer Inggris yang menjadi markas pasukan AS dari 48th Fighter Wing. Angkatan tersebut sudah beroperasi di Inggris sejak 1960.

Saat ini, pangkalan militer tersebut menampung lebih dari 4.500 personel dengan 48 jet tempur milik Amerika Serikat.

Di Riau, satu unit jet tempur Hawk TT 209 juga jatuh di hari yang sama. Pesawat tua berusia 30 tahun itu jatuh di pemukiman penduduk Desa Kubang Jaya, Siak Hulu, Kampar, atau dua kilometer dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Baik pilot dan warga dinyatakan selamat.

Editor : Anggi

Berita Terkait