Tak Kunjung Membaik, India Perpanjang Lockdown

  • Reporter: Anggi
  • 02 Mei 2020, 20:58:32 WIB
  • Politik, Internasional, Kesehatan

Katakabar.com - Pemerintah India kembali memutuskan untuk memperpanjang masa penguncian wilayah (lockdown) akibat virus corona hingga 17 Mei mendatang.

Padahal, masa perpanjangan lockdown pertama akan berakhir pada Minggu (3/5) besok.

Seperti dilansir CNN, Sabtu (2/5), meski memperpanjang masa lockdown, pemerintah India akan menerapkan sejumlah kebijakan baru. Yakni membolehkan penduduk untuk beraktivitas di sejumlah wilayah dalam area yang terbatas.

Pemerintah India tetap menutup sementara perjalanan darat, laut dan udara lintas negara bagian yang tidak mendesak selama perpanjangan masa lockdown. Seluruh sekolah, kampus, bioskop, kantor pos sampai tempat ibadah juga akan tetap ditutup.

Kementerian Dalam Negeri India hanya membolehkan perjalanan melalui darat, laut dan udara dengan tujuan khusus. Mereka juga mulai memulangkan para perantau, mahasiswa dan pelancong ke kampung halaman masing-masing menggunakan kereta api dan pesawat.

Pelonggaran aturan lockdown hanya diberlakukan di wilayah dengan status zona hijau, yang dinilai tidak terjadi penularan virus corona selama tiga pekan belakangan.

Kawasan industri manufaktur obat-obatan, alat kesehatan, proyek pembangunan, pertokoan dan pertanian tetap dibolehkan berjalan.

Selain itu pemerintah India tetap menerapkan jam malam untuk membatasi pergerakan penduduk mulai dari pukul 19.00 sampai 07.00 waktu setempat. Mereka juga melarang penduduk berkumpul lebih dari empat orang.

Editor : Anggi

Berita Terkait