Tanpa Beban, Timnas U-19 Jajal Bulgaria

Kroasia, katakabar.com - Tim Nasional Indonesia U-19 bakal menjajal kekuaran Bulgaria di laga International U-19 Friendly Tournament 2020 di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, pekan pertama September 2020, weekend ini

Laga ini menjadi ujian pertama anak asuh Shin Tae-yong selama mengikuti pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Skuat Garuda Muda hampir sepekan sudah melakukan latihan di negeri berjuluk Vatreni tersebut. Setiap hari timnas U-19 digenjot latihan tiga kali pada pagi, sore dan malam hari. 

"Saat ini kami menjalani latihan dengan intensitas yang tinggi dengan menu fisik yang sangat keras. Pertandingan melawan Bulgaria tidak mudah bagi kami. Tapi, kami harus membentuk mental dan intinya tim ini masih berproses," kata Shin Tae-yong, begitu dikutip dari Situs Resmi PSSI.

Pelatih asal Korea Selatan menjelaskan,  Bulgaria merupakan tim yang kuat. Ia sendiri sudah melihat dan menganalisa pertandingan Bulgaria melawan Kroasia pada Rabu (2/9) lalu.

"Bulgaria secara postur tubuhnya besar dan tinggi. Secara fisik dan stamina bagus. Pertandingan ini tidak mudah bagi kami, tapi kami TC ke Eropa untuk mencari pengalaman dan melihat perkembangan tim," jelas Shin Tae-yong.

Selepas melawan Bulgaria, Indonesia menantang Kroasia pada 8 September, dan 11 September berduel dengan Arab Saudi.

Tidak cuma mengikuti turnamen itu skuat Garuda Muda bakal menjajal kekuatan Qatar, Bosnia dan Herzegovina, serta Dinamo Zagreb selama di Kroasia, hingga TC di Kroasia dijadwalkan berakhir September 2020 ini.

Berharap Dapat Pengalaman

Gelandang Tim Nasional Indonesia U-19, David Maulana mengatakan, dirinya dan para pemain lain sudah siap melakoni laga uji coba melawan Bulgaria di weekend ini.

Laga yang bertajuk International U-19 Friendly Tournament 2020 berlangsung di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri. Pertandingan ini menjadi uji coba perdana anak asuh Shin Tae-yong selama mengikuti pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Skuat Garuda Muda hampir sepekan sudah melakukan latihan di negeri berjuluk Vatreni tersebut.

"Kami sudah siap menjalani laga uji coba melawan Bulgaria. Selama sepekan tim pelatih masih memberikan porsi latihan fisik dengan intensitas tinggi kepada kami," ujar  David Maulana.

Timnas U-19 menjalani pemusatan latihan di Kroasia sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-19 yang dihelat pada 14-31 Oktober 2020 mendatang di Uzbekistan. Selain itu persiapan mengikuti ajang bergengsi Piala Dunia U-20 2021 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah.

"Bulgaria tim yang bagus, kami sudah melihat video pertandingan mereka saat melawan Kroasia. Intinya diuji coba nanti, kami dapat mencari pengalaman melawan Bulgaria dan tim terus mengalami perkembangan yang bagus," tambah pemain asal Barito Putera ini.

Editor : Sahdan

Berita Terkait