Tatap Kualifikasi Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Puas

Thailand, katakabar.com - Timnas Indonesia memastikan tiket lolos ke babak Kualifikasi Piala Asia 2023 mendatang. Kepastian itu setelah skuad Garuda mengalahkan Taiwan dengan skor 3-0 pada laga leg kedua di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand, Senin (11/10) malam.

Kemenangan Indonesia dicetak Egy Maulana pada menit ke-27', Ricky Kambuaya menit 54', dan Witan Sulaeman menit ke-90'+3. Sebelumnya, skuad Garuda meraih kemenangan dengan skor 2-1 di leg pertama, Kamis (7/10). Total Indonesia unggul agregat dengan skor 5-1.

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong mengaku puas dengan kemenangan dua kali atas Taiwan. Apresiasi kerja keras anak asuhnya sepanjang pertandingan.

"Sangat senang dengan hasil ini, sebab para pemain sudah bekerja keras di dua pertandingan. Untuk ke depan, kalau ada kemauan makin tinggi dari pemain, sepak bola Indonesia pasti lebih berkembang," ujar Shin Tae-yong, seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

Arsitek berusia 52 tahun tersebut menambahkan, meski menang tetap ada koreksi untuk anak asuhnya. Ia melihat sektor pertahanan harus lebih stabil lagi.

"Meski kami mampu mencetak tiga gol, tapi harus ditingkatkan lagi permainan dan kualitas golnya," ulasnya.

Babak Kualifikasi Piala Asia 2023 bakal digelar mulai tahun 2022. Ajang ini diikuti 24 tim dan dibagi enam grup. Setiap grup diisi empat tim dengan rencana format kandang dan tandang. Juara grup dan lima runner up terbaik mendapatkan tiket lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

"Setelah ini Timnas Indonesia mengikuti Piala AFF dan Kualifikasi Piala Asia, kami harap pemain untuk trus meningkatkan performa. Pemain harus fokus dan maksimal bermain di kompetisi liga. Kalau performa pemain terus membaik, secara taktik pun bisa meningkat, Timnas Indonesia bakal menjadi Tim yang lebih baik lagi dari sekarang," sebut pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Kerja Keras Kunci Sukses Indonesia

Gelandang timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri mengatakan, kerja keras menjadi kunci sukses skuad Garuda meraih kemenangan.

"Indonesia sukses membungkam Taiwan dengan skor 3-0 di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand, pada Senin (11/10) malam," kata Egy.

Alhamdulillah ujar Egy, kami bersyukur dan senang dapat lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023. Dari seluruh pemain, kami telah bekerja keras bersama dan mendapatkan kemenangan dua kali melawan Taiwan. Ke depan, kami mau lebih dan ini langkah awal buat kami, jelasnya.

Sebelum laga leg kedua ini sambung Egy, ia dan rekan-rekannya sudah mendapat instruksi dari tim pelatih untuk mengikuti taktik yang diinginkan mereka.

"Saya ucapkan terima kasih kepada pecinta dan pendukung timnas Indonesia yang telah memberikan doa dan dukungan kepada kami. Nantinya, kami mau melangkah lebih jauh alias tidak hanya bermain di kualifikasi, tapi lolos ke putaran final Piala Asia 2023 mendatang," harap pemain asal klub FK Senica ini.

Pada pertandingan ini, gol Egy sangat berkesan lantaran gol pertama dirinya bersama Timnas Indonesia dalam pertandingan resmi.

"Terkait gol saya tidak terlalu masalah siapa yang mencetak, yang penting tim meraih kemenangan. Kemenangan merupakan kerja keras satu tim bukan individu pemain," bebernya.

Ketum PSSI Bersyukur Timnas Indonesia Lolos

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan bersyukur Timnas Indonesia lolos ke babak kualifikasi Piala Asia 2023. Kepastian ini setelah Evan Dimas dan kawan-kawan mengalahkan Taiwan dengan skor 3-0 pada laga leg kedua di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand, Senin (11/10) malam.

"Alhamdulillah Timnas Indonesia kembali meraih kemenangan atas Taiwan. Kami lolos ke kualifikasi Piala Asia 2023. Terima kasih kepada pemain yang sudah berjuang keras dan tampil baik malam ini," ujar Iriawan.

Kepada pemain Timnas Indonesia agar tidak cepat puas sekadar lolos ke babak kualifikasi Piala Asia 2023. Apalagi di babak tersebut, sudah menunggu tim-tim yang kuat dan patut diwaspadai.

"Terus kerja keras, bermain maksimal, jaga kekompakan, dan ikuti intruksi pelatih di lapangan. PSSI ingin timnas Indonesia menyamai timnas Wanita yakni dapat lolos ke Piala Asia 2023. Kami bakal mendukung penuh program dari pelatih Shin Tae-yong demi raih prestasi skuad Garuda," pesan pria yang disapa akrab Iwan Bule tersebut.

Selama di Thailand, Iriawan selalu memantau dan mendapat update perkembangan Timnas Indonesia. Ia sering memberikan motivasi kepada pemain melalui video call.

Anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro menimpali, harus diakui, tanpa melihat lawan yang mungkin levelnya di bawah Indonesia, baru kali ini kita puas melihat tontonan Timnas kita di even internasional.

"Permaianan skuad Garuda sangat impresif dan mendominasi setiap pertandingan dengan banyaknya peluang. Semua pemain hampir menjalankan fungsinya secara maksimal. Mudah-mudahan menjadi modal yang baik untuk semakin membawa kejayaan sepak bola Indonesia di even internasional di masa mendatang," harapnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait