Tembus 100, Klaster Vendor PT IKPP Sumbang Kasus Covid-19 Terbanyak di Siak

Siak, katakabar.com - Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Siak kembali naik 19 jadi 100. Tambahan 17 kasus merupakan dari klaster subkontraktor (Vendor) PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Perawang, Kecamatan Tualang, Siak, Riau.

"Iya. Hari ini naik 19 kasus. Terbanyak dari klaster PT NPE, perusahaan subkontraktor PT IKPP," kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Siak, Budhi Yuwono menjawab katakabar.com, Rabu (5/8).

Budhi menjelaskan, penambahan 19 itu, 18 orang di antaranya dari Kecamatan Tualang. Yang terkena itu rata-rata terjangkit dari rekan kerja maupun keluarga yang bekerja di PT NPE. 

"Kalau riwayat penularannya, sama kayak yang saya sampaikan kemarin, yakni dari AA dan A, pekerja PT NPE yang sudah positif terlebih dahulu dan saat ini keduanya dirawat di Rumah Sakit Eka Hospital Pekanbaru," kata Budhi.

Identitas ke 19 pasien itu yakni JR (34), FI (36), ZC (36), MR (48), KP (49), PS (42), JM (45), AF (51),dan  N (52). Semuanya merupakan rekan kerja dari AA (39) dan sebagian besar tinggal di mess perusahaan.

Selanjutnya penularan lain AJ (52) dan FS (39) yang merupakan rekan kerja A (44). Selanjutnya GA (28),  T (50), I (57) dan RA (27) merupakan rekan kerja A juga yang sudah positif sebelumnya.

Kemudian ada juga penularan dari tetangga yakni dari D ke seorang anak S (12) dan W (48). Satu lagi di luar klaster subkontraktor PT IKPP, yakni N (45) dan saat ini sudah diisolasidan di RSUD Tengku Rafian Siak.

"N (45) ini merupakan tenaga kesehatan, belum diketahui sumber kontak erat dari mana," ungkap Budhi.

Satu lagi pasien konfirmasi positif Covid-19 di Siak adalah RD (32) yang merupakan warga Kecamatan Siak. Saat Ini sudah dirawat di RSUD Tengku Rafian Siak dan merupakan tenaga kesehatan yang juga belum diketahui sumber kontak erat dari mana.

Dengan penambahan 19 itu, maka  total kasus positif Corona di Siak genap menjadi 100 kasus, dengan rincian 57 dirawat, 42 sehat dan satu orang meninggal dunia. 

Pasien yang dirawat terpisah, di Rumah Sakit Eka Hospital Pekanbaru 31 orang, RSUD Siak 25, dan Asrama Haji Siak 1 orang.

Editor : Sahril

Berita Terkait