Tentang HM Harris, Kartu Tani dan Kelompok Tani di Pasar Baru

Pelalawan, katakabar.com - Bupati Kabupaten Pelalawan, HM Harris menyerahkan secara simbolis Kartu Tani untuk kelompok tani di Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, bertempat di Pasar Baru Desa Balam Merah Kecamatan Bunut, tiga hari lalu.

Bupati dua periode bakal mengakhiri jabatannya tahun depan, saat menyerahkan Kartu Tani tak sendirian. Tapi, didampingi Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Pelalawan, Budi Surlani, Camat Bunut, Srinursari, Kapolsek Bunut, Danramil Bunut, Kepala Desa Sekecamatan Bunut, serta para penerima kartu tani.

Kartu Tani ini program dari pemerintah pusat lewat Kementerian Pertanian RI, tujuannya untuk memudahkan petani dalam mendapatkan pupuk bersubsidi.

'Sudah lama Kementerian Pertanian RI meluncurkan pupuk bersubsidi untuk petani yang tidak mampu dimana lahannya tidak terlalu luas,' ujar Plt Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Pelalawan, Budi Surlani.

Kepala DPMPTSP Pelalawan ini menambahkan, adanya Kartu Tani ini pendistribusian dari penyalur atau distributor hasil pertanian bakal lebih tertib dan petani yang berhak menerima.

Kegunaan dari Kartu Tani. Pertama, sebagai alat kontrol kuota yang berhak menerima. Dimana penerima kartu tani bisa langsung ke distributor atau ke penyalur. Di sana ada alat untuk menggesek Kartu Tani dan langsung keluar kuotanya berapa.

Kedua, Kementerian Pertanian RI dan Pemerintah Kabupaten Pelalawan bekerjasama dengan PT Bank Mandiri Tbk. Kartu Tani ini seperti Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang di lengkapi dengan buku rekening, bisa untuk menyimpan hasil penjualan.

Ketiga, kartu tani ini bakal memberikan fasilitas pinjaman atau kredit bagi petani yang membutuhkan modal untuk bertani.

'Saat ini Kartu Tani yang tercetak berjumlah 501 Kepala Keluarga yang diserahkan.'

Untuk di kecamatan Bunut, jumlah Kepala Keluarga sesuai data totalnya 970 Kepala Keluarga, jelasnya.

Bupati Pelalawan, HM Harris menjelaskan, Kartu Tani ini bisa digunakan untuk pupuk subsidi, kartu ini untuk menertibkan para petani yang tidak mampu bisa mendapatkan pupuk subsidi sehingga tepat sasaran.

'Pemerintah sudah berbuat yang terbaik untuk masyarakat.'

Masyarakat khusus petani kita dimudahkan dengan adanya terobosan lewat Kartu Tani ini. Ini salah satu cara Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan terus menciptakan dan berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Pelalawan.

'Kita terus berbuat dan melaksanakan terobosan terobosan untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat pelalawan dalam berbagai sektor ke depan," kata HM Harris lagi.

Editor : Sahdan

Berita Terkait