Tentang Satgas Pamtas Yonif 642 Dan Anak-anak Perbatasan

Bengkayang, katakabar.com - Kemarin, personel Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642 Kapuas bersama anak-anak di perbatasan, persisnya di kawasan Dusun Saparan, Desa Kumba, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Anak-anak di perbatasan sangat senang dan riang, sebab prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia ajarkan dan tanamkan nilai-nilai Pancasila kepada mereka.

Kegiatan mengajar tersebut dilaksanakan anggota Pos Pamtas Saparan yang dipimpin Letda Inf Jhony Rompis bersama dua orang anggotanya, kata Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642 Kapuas, Letkol Inf Alim Mustofa di Pos Kotis Entikong, Kabupaten Sanggau.

Kami berusaha menanamkan jiwa nasionalisme kepada anak-anak di perbatasan, salah satunya dengan mengajarkan lagu-lagu kebangsaan dan menyebutkan sila-sila dalam Pancasila, ulasnya.

Para generasi muda lanjut Letkol Inf Alim Mustofa, aset bangsa yang menentukan masa depan bangsa dan negara Indonesia di masa depan.

“Untuk itu diajarkan kepada generasi muda ilmu pengetahuan, rasa cinta tanah air dan ditanamkan jiwa nasionalisme, serta patriotisme,” tegasnya.

Materi yang diberikan personel Satgas Pos Saparan dalam menanamkan jiwa nasionalisme sejak dini, tidak cuma menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.

Tapi anak-anak dilatihkan untuk menghapal dan mengucapkan Pancasila, serta diberikan pemahaman tentang nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Untuk memotivasi dan membuat anak-anak lebih semangat belajar, personel Satgas memberikan hadiah berupa buku tulis dan alat tulis pada kegiatan itu.

"Terlihat anak-anak sangat antusias dan ceria saat diajarkan oleh personel Satgas Yonif 642 Kapuas. Kami selalu turut serta dalam menyiapkan generasi-generasi muda penerus bangsa, khususnya anak-anak di perbatasan ini, biar kelak menjadi generasi yang dapat membanggakan untuk bangsa dan negara Indonesia tercinta," sebutnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait