Terinfeksi Covid-19, 2 Dokter di Medan Meninggal Dunia

Katakabar.com - Dua lagi dokter di Medan meninggal dunia akibat Covid-19. Dengan tambahan 2 korban ini, total dokter yang meninggal dalam kondisi terkonfirmasi mengidap virus corona di kota ini menjadi 10 orang.

Kedua dokter yang meninggal dunia yakni, dr Daud Ginting SpPD FINASIM (66), yang meninggal dunia pada Minggu (30/8) sekitar pukul 02.00 Wib dan dr Edwin Parlindungan Marpaung SpOT (44), yang meninggal dunia pada Minggu (30/8) pukul 21.44 Wib.

"Minggu kemarin dua dokter kita meninggal dunia karena virus Covid-19," kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Medan dr Wijaya Juwarna, Senin (31/8).

Wijaya menjelaskan, dr Daud Ginting selama ini bertugas di RSUD Pirngadi Medan. Setelah terkonfirmasi positif Covid-19, dia dirujuk dan dirawat selama sepekan di RSU Martha Friska Multatuli.

"Istri beliau hingga saat ini masih menjalani perawatan yang intensif," jelasnya.

Sementara dr Edwin adalah dokter spesialis bedah tulang di RSU Columbia Asia. Dia meninggal saat dirawat di rumah sakit itu.

Meninggalnya Daud dan Edwin menambah jumlah dokter yang meninggal dunia akibat Covid-19. Di Kota Medan, totalnya menjadi 10 orang. Dokter yang meninggal dunia yakni dr Ucok Martin SpP, dr Irsan Nofi Hardi Nara Lubis SpS, dr Anna Mari Ulina Bukit, dr Aldreyn Asman Aboet SpAN, KIC, dr Andika Kesuma Putra, SpP (K), dr Ahmad Rasyidi Siregar SpB, dr Dennis, dr Sabar Tuah Barus SpA, dan dr Daud Ginting SpPD FINASIM. Di antara kesepuluh dokter ini, hanya dr Aldreyn Asman Aboet dan dr Andika Kesuma Putra yang menangani Covid-19.

Sementara di Sumut, total 14 dokter meninggal karena Covid-19. Empat dokter dari luar Kota Medan yakni dr Herwanto SpB (IDI Kisaran), dr Maya Norismal Pasaribu (IDI Labuhan Batu Utara), dr M Hatta Lubis (IDI Padang Sidimpuan) dan dr H Muhammad Arifin Sinaga (IDI Langkat). Hanya dr H Muhammad Arifin Sinaga yang bertugas di Gugus Tugas Covid-19.

"Kita melihat ada kecenderungan tenaga kesehatan dan dokter yang meninggal justru mereka yang tidak langsung menangani pasien Covid-19. Saat ini sudah 100 orang dokter meninggal karena infeksi covid-19 di Indonesia dan 10 di antaranya berasal dari Medan artinya 10 persen dari Kota Medan dan dr Edwin Marpaung menjadi yang ke 100 dokter yang meninggal karena infeksi covid-19 di Indonesia," jelas Wijaya.

 

Merdeka.com

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait