Tiga Kurir Narkoba 14,5 Kg Sabu Diringkus Polres Bengkalis

Pekanbaru, katakabar.com - Polres Bengkalis berhasil meringkus tiga orang kurir narkoba, Sabtu (11/7) petang lalu. Dari tangan ketiganya narkoba jenis sabu sebanyak 14,5 kilogram berhasil diamankan.

Tiga orang itu yakni Arn (42)  yang merupakan warga Desa Muntai, Des (27) warga Desa Kembung Baru, dan Saf (26) warga Desa Pambang Baru, Kecamatan Bantan. Ketiganya ditangkap polisi di wilayah Jalan Jenderal Sudirman, Desa Pangkalan Jambi, Kecamatan Bukitbatu, Kabupaten Bengkalis.

Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan SIK menjelaskan ketiga kurir ini termasuk dalam sindikat narkoba antar negara. Diduga narkoba itu berasal dari negeri tetangga, Malaysia.

"Awalnya kita mendapat informasi terkait adanya transaksi narkotika jenis sabu-sabu dari Malaysia. Kemudian kita lakukan penyelidikan di Desa Muntai, Kembung dan Pambang, Kecamatan Bantan," katanya, Senin (13/7).

Dalam penyelidikan itu, petugas mencurigai dua unit mobil yang melintas di wilayah itu. Namun, petugas justru sempat kehilangan jejak.

Lantaran kehilangan jejak, petugas akhirnya berkoordinasi dengan Tim Khusus Satres Narkoba Polres Bengkalis yang kemudian melakukan pengembangan informasi awal. Hingga akhirnya, tim kembali mencurigai sebuah mobil yang sebelumnya melakukan perpindahan penumpang ke mobil lain dengan gelagat mencurigakan.

"Kita lakukan pembuntutan dimana mobil itu mengarah ke Pekanbaru. Dan setibanya di Jalan Jenderal Sudirman Desa Pangkalan Jambi kita lakukan penghadangan dan melakuka penggeledahan," bebernya.

Dalam penggeledahan itu, petugas berhasil menemukan barang haram tersebut. Dimana dalam pemeriksaan awal, pelaku mengaku mengambil narkoba tersebut dari wilayah Desa Pambang Pesisir dan akan di bawa menuju Maredan.

"Arn mengaku menerima upah Rp90 juta jika berhasil membawa narkotika ini sampai Maredan. Lalu akan Ia akan memberikan upah sebesar Rp30 kepada Saf. Tapi Ia mengaku baru menerima upah Rp5 juta dari H (DPO)," terangnya.

Sementara sekian narkoba, polisi juga mengamankan barang bukti lain seperti, 4 unit ponsel, 3 unit mobil serta uang tunai Rp3.557.000 juta.

Saat ini beserta barang bukti, ketiga pelaku itu telah berada di Polres Bengkalis untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sedangkan mereka akan dijerat dengan Pasal 114 Ayat (2) dan Pasal 112 Ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat (1) UU RI Nomor 35/2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal pidana mati.

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait