Tiga Pencuri Motor di Pekanbaru dan Penadah Diciduk Polisi

Pekanbaru, katakabar.com - Tiga orang spesialis pencurian sepeda motor (curanmor) dan pembongkaran rumah kosong berhasil dicokok Polsek Senapelan. Turut ditangkap pula satu orang selaku penadah hasil kejahatan itu.

Mereka yaitu Asma Budi Rianto (38), Irwan Efendi (29), dan Dodi Irfan (38). Ketiganya juga merupakan residivis perkara pencurian dengan pemberatan (curat) dan juga curanmor. Sementara satu orang penadah yang turut ditangkap yakni Anton Tambunan (39).

Tak tanggung-tanggung, ada sekitar 30 rumah kosong yang berhasil mereka bongkar. Sementara untuk curanmor diakui ada 8 TKP di wilayah Pekanbaru.

Kapolsek Senapelan, Kompol Kari Amsah Ritonga saat jumpa pers di Mapolsek Senapelan, Selasa (11/02) menjelaskan keempat pelaku itu berhasil di tangkap di kediamannya masing-masing.

"Tersangka yang pertama kali kita tangkap yakni Asma Budi. Kita tangkap dirumahnya yang berlokasi di jalan Kapau Sari Perumahan Cendana, Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru," terangnya.

Dari tangan Asma, polisi mengamankan beberapa barang bukti yang digunakan untuk melancarkan aksinya. Seperti kunci T, kunci Y, obeng, gunting serta beberapa alat lainnya.

Selain pembongkaran rumah kosong, dari keterangan Asma, Ia juga sempat melakukan curanmor bersama Irwan Efendi dan Dodi Irfan. Ino dilakukan di dua wilayah yakni di Tampan dan Marpoyan Damai, Pekanbaru.

"Modusnya, kunci tertinggal di sepeda motor," katanya.

Mendapat keterangan tersebut, polisi lantas mengembangkan untuk menangkap Dodi dan Irwan. Turut diamankan juga penadah hasil kejahatan itu Anto Tambunan.

Sementara untuk 30 TKP pembongkaran rumah kosong di jelaskan Kari tersebar di wilayah Pekanbaru hingga perbatasan kabupaten Kampar. Seperti di Jalan Rawa Bening Tampan, Jalan Purwodadi, Jalan Teropong, Kawasan Taman Kebun Binatang Kubang, Tarai Bangkinang, Jalan Paus, Jalan Delima, Jalan Kualu Ujung, Tarai, Jalan Purwodadi Ujung, Jalan Daru-daru Kapau Sari, Jalan Cipta Karya, Jalan Parit Indah, Jalan Labersa, Jalan Muhajirin, dan wilayah Tambang.

"Modus tersangka berkeliling dengan menggunakan sepeda motor untuk mencari target operasinya. Sementara untuk bongkar rumah mereka menggunakan besi yang sudah dimodifikasi," tuturnya.

Sedangkan untuk TKP Curanmor ada 8 tempat yakni di Jalan HR. Subrantas Gg. Iman berhasil mencuri Honda Beat, Jalan Purwodadi Ujung Honda Vario, Komplek Sakinah Honda Beat, Jalan Rowo Bening Honda Beat, Jalan Cipta Karya Honda Beat, Jalan Teropong Honda Vario dan Honda Revo, Jalan Cipta Karya Honda Beat, Jalan Rambutan Honda Beat.

“Dari tangan Anto Tambunan selaku penadah, petugas juga turut mengamankan beberapa barang bukti. Seperti tiga unit sepeda motor serta, sebuah alat pencongkel besar, satu buah mata bor, dua buah mata kunci T dan beberapa alat lainnya,” tandasnya.

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait