Tiga Tahun Rusak Berat, Pemprov Disebut Lamban Perbaiki Jalan

Pasir Pengaraian, katakabar.com - Kondisi ruas Jalan Lintas Provinsi Riau di wilayah Kabupaten Rokan Hulu berlubang dan berdebu jadi sorotan dan keluhan masyarakat dan viral di sosial media.

Ruas Jalan Lintas Provinsi di kawasan perkotaan Ujungbatu - Tandun hingga ke simpang TB rusak parah, badan jalan berlubang digenangi air, begitu hasil pengamatan katakabar.com kemarin.

Badan jalan penuh lubang dan rusak berat sepanjang Jalan Lintas Provinsi, khususnya di kawasan Kecamatan Tandun membuat kelimpungan para pengendera. Kenderaan bermotor, terutama roda dua mesti zig zag saat melintasi ruas jalan penuh lubang.

Salah seorang pengguna jalan yang melewati Jalan Lintas Provinsi, Herman umur 38 Tahun kepada katakabar.com kemarin, ruas Jalan Lintas Provinsi banyak lubang membuat para pengendara kesulitan saat melintas. Kondisi ini sangat disayangkan, lantaran sudah bertahun-tahun jalan tidak ada perbaikan.

“Saya setiap hari melewati jalan ini, dari Tiga Tahun lalu hingga sekarang belum ada perbaikan. Gimana pemerintah ini, apakah sengaja dibiarkan dan gimana kinerja Pemkab Rohul ini, mereka setiap hari lewat dan sering berhenti, tapi seolah tak menghiraukannya,” ujarnya.

Tokoh masyarakat Ujungbatu, Kabupaten Rokan Hulu, Terlando Sitompul mengatakan, warga mengeluhkan kondisi Jalan Lintas kawasan perkotaan Ujungbatu -Tandun yang semakin rusak.

“Jalan ini sudah rusak Dua Tahun belakangan, Tapi yang paling parah Tahun ini. Pemkab dalam melobi pihak Pemprov Riau terkesan lamban sehingga lamban pula diperhatikan. Apa pun ceritanya, Pemkab Rohul mesti lebih jeli terhadap persoalan ini. Lihat Jalan Lintas Kota Ujungbatu-Tandun itu," kata Pengamat Perkotaan ini.

Walau jadi kewenangan Provinsi, Pemkab Rohul harus mendesak biar segera diperbaiki. Jangan menunggu, itu bukan hal yang bagus dalam pemerintahan.

"Untuk menyikapi persoalan ini, Pemkab Rohul harus lebih mendesak pihak Pemprov Riau. Jangan menunggu, itu tidak berjalan dengan baik. Kita lihat saja, apa yang terjadi bila kerusakan jalan ini semakin dibiarkan," sebutnya geram.

Sekretaris PUPR Rohul, Zulfikri ST mengatakan, pihaknya sudah mengetahui persoalan ruas jalan yang dipenuhi lubang dan berdebu. Perbaikan Jalan kewenangan Pemprov Riau. Tapi, untuk perbaikan sementara dilakukan masing masing pihak Kecamatan.

"Kalau perbaikan diambil alih Pemkab Rohul duitnya dari mana. Itu sudah masuk dalam perencanaan pembangunan di Tahun 2020 ini. Kita tunggu realisasinya, bisa jadi Dinas PUPR Pronvisi lantaran belum ada Kabid Jalannya, sehingga menghalangi proses lelang."

Petugas yang membidangi dan yang melakukan proses lelang sudah di mutasi, dan sekarang posisi Kabid kosong eloknya statemen Kepala Dinas yang mengeluarkan pendapat tentang jalan lintas Provinsi.

Editor : Sahdan

Berita Terkait