Cegah Covid-19

Tim Kesehatan Satgas Kizi TNI Screening Kontingen Pakistan Army

Afrika Tengah, katakabar.com - Tim kesehatan Satuan Tugas Kompi Zeni (Satgas Kizi) TNI XXXVII-F Multi- Dimensional Integrated Stabilization Mission in Central African Republic (Minusca Car) melakukan pemeriksaan virus corona kepada Kontingen Pakistan Army.

Alat Thermal Scanner yang digunakan untuk memeriksa personel tiba di terminal Internasional Bandara M'Poko, Kota Bangui, Republik Afrika Tengah, Dua hari lalu, begitu dilansir dari Situs Resmi Mabes TNI.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas), Letkol Czi Irsad Wilyarto menegaskan, UN Minusca sudah memerintahkan Satgas Kizi TNI untuk membantu pelaksanaan operasi pencegahan, dalam rangka mengantisipasi menyebarnya wabah virus Corona di wilayah Republik Afrika Tengah.

Operasi pencegahan dan antisipasi virus corona sedang berlangsung dan dilaksanakan secara integratif oleh Pemerintah setempat, ujarnya.

Dijelaskan Dansatgas, tugas pencegahan COVID-19 dilaksanakan dengan menerjunkan Tim Kesehatan Satgas Kizi meliputi, Dua orang dokter dan Tiga paramedis. Tim Kesehatan ini bergabung dalam Satgas Kesehatan UN Minusca yang dipimpin Force Medical Officer (FMO) MINUSCA.

"Tugas Tim kesehatan untuk melaksanakan screening terhadap Kontingen Pakistan Army yang baru datang dari daerah tugas."

Hasil pemeriksaaan terhadap 250 personel Kontingen Pakistan Army dinyatakan negatif virus Corona.

Hingga saat ini, belum ditemukan kasus Covid-19 di Republik Afrika Tengah, tapi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) sangat serius mengantisipasi penyebaran Covid-19 di daerah misi dengan membangun posko-posko pemeriksaan di pintu-pintu masuk bandara.

Sebelumnya, Satgas Kizi TNI sudah membantu pendirian posko-posko kesehatan di Bandara Internasional M’poko, Kota Bangui, sebutnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait