Tinjau Persiapan Penyaluran Logistik Terdampak COVID-19, Ini Harapan Ketua DPRD Siak

Siak, katakabar.com - Ketua DPRD Siak Azmi mulai turun ke lapangan memonitor penyaluran paket logistik yang akan dibagikan pada masyarakat miskin yang terdampak secara ekonomi akibat wabah COVID-19.

Dimulai dari Kecamatan Sabak Auh, politisi Partai Golkar ini mulai membedah data-data yang akan disodorkan pemerintah kecamatan itu kepada Pemkab Siak, terkait penerimaan bantuan tersebut.

"Ini dilakukan agar data penerima bantuaan tidak tumpang tindih. Sebab, tidak hanya dari Pemkab Siak saja, bantuan juga akan mengalir dari pusat dan desa," kata Azmi kepada katakabar.com, Jumat (1/5).

Azmi khawatir jika tumpang tindih terjadi akan memicu keributan antar masyarakat dengan pemerintah desa maupun kecamatan.

"Untuk itu kita berharap agar pembagian bantuan kepada masyarakat wajib tepat sasaran. Sebab bantuan itu diperuntukkan bagi masyarakat miskin yang terdampak secara ekonomi akibat wabah tersebut," kata Azmi.

Camat Sabak Auh, Tengku Mukhtasar menjelaskan, saat ini pihaknya sudah mulai bekerja diawali menggelar rapat dengan seluruh penghulu kampung (Kades) di daerah itu untuk menetapkan penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kemensos, Pemkab dan bersumber dari ADD.

"Kita sudah mulai memvalidasikan data yang mendapatkan BLT dari Kemensos, Dana Desa dan Pemkab Siak. Ini dilakukan agar yang ditakutkan oleh Ketua DPRD Siak tadi tidak terjadi," kata dia.

Maka itu Mukhtasar sangat berharap kepada setiap penghulu kampung di daerah itu agar betul-betul melakukan pendataan.  

"Ujung tombaknya soal ini tetap penghulu kampung. Saya juga sudah ingatkan kepada semua penghulu agar benar-benar lakukan pendataan. Kalau masyarakat yang sudah dapat bantuan dari tingkat pusat, jangan diberikan lagi bantuan dari tingkat kabupaten atau desa. Sebab itu dapat memicu keributan," kata dia.

Editor : Sahril

Berita Terkait