TNI AL dan AL Singapura Latihan Perang di Laut Natuna, Ini Pesan Pangkoarmada II

Natuna, katakabar.com - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan Angkatan Laut Singapura (The Republic of Singapore Navy/RSN) menggelar latihan pertempuran laut bertajuk Latma Eagle Indopura 2021, di laut Natuna Kepulauan Riau, pada Kamis (16/9) lalu.

Pada latihan ini TNI AL melibatkan dua unsur KRI  dari jajaran  Satuan Kapal Eskorta Koarmada II, yakni KRI Diponegoro-365 yang dikomandani KRI  Letkol Laut (P) Adam Tjahja Saputra sekaligus sebagai Komandan Satgas Latma Eagle Indopura 2021 dan KRI Malahayati-362 yang dikomandani Letkol Laut (P) Nurulloh Zemy Prasetyo.

Sementara itu, RSN melibatkan dua kapal perangnya, yakni Kapal RSS  Tenacious-71 dan  RSS Justice-18.

Latihan di perairan Batam, Selat Singapura, dan laut Natuna melibatkan pesawat udara dari TNI AL mengerahkan helly panther dan pesawat Cassa TNI AL. Sedang RSN mengikutkan pesawat udara F50, digelar dari 13 September 2021 hingga 20 September 2021, dengan materi yang dilatihkan meliputi Photo Exercise (Photex), Search and Rescue Exercise (Sarex), VOI Tracking Exercise (Trackex)), Over the horizone exercise (Othtex), Replenishment At Sea (Rason), Killer Tomato Surface Firing Target Exercise (KT SUFTX),  Encounter Exercise (Encounterex), Flash Exercise (Flashex), Flag Hoist Exercise (Flaghoist).

Kegiatan saat ini sudah memasuki phase manuvra lapangan (Manlap) diawali dengan latihan  Foto Exercise (Photoex) dimana unsur-unsur yang terlibat latihan membentuk gugus tugas formasi dan iring-iringan mulai di perairan  Batam, Selat Singapura dan Laut Natuna.

Fase manlap ini akan berlangsung hingga Minggu (18/9), dengan beberapa serial latihan yang telah dijadwalkan oleh kedua delegasi seperti Search and Rescue Exercise (Sarex), Encounterex, dan lainnya.

Pangkoarmada II, Laksda TNI Iwan Isnurwanto memeberikan apresiasi atas keterlibatan unsur-unsur Koarmada II dalam latihan ini.

Satgas diharapankan menunjukkan yang terbaik dalam latihan, mengingat latihan ini  untuk meningkatkan kualitas, profesionalisme dan kerjasama antara kedua negara sekaligus dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral serta memberikan nilai positif yang akan menjaga stabilitas keamanan di wilayah Asia Tenggara.

Latma Eagle Indopura ke 26 yang dilaksanakan rutin dua tahun sekali ini merupakan tindak lanjut dari Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono dalam membangun Sumber Daya Manusia TNI AlLyang unggul dan profesional serta pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi, sebutnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait