Tol Pekanbaru-Dumai Beroperasi, Sekda Siak Yakin Bisa Dongkrak Perekonomian

Siak, katakabar.com - Pemerintah Kabupaten Siak berharap hadirnya tol Pekanbaru-Dumai berdampak bagi pertumbuhan ekonomi di daerah setempat. Jalan tol sepanjang 131,5 Km itu resmi beroperasi setelah diresmikan Presiden Joko Widodo secara virtual, Jumat (25/9) kemarin.

"Tentu kita berharap, dengan adanya tol ini berdampak pada peningkatan ekonomi warga Kabupaten Siak. Sebab, Kecamatan Minas dan Kandis, masuk wilayah tol Pekanbaru-Dumai," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Arfan Usman menjawab katakabar.com, Sabtu (26/9).

Menurut Arfan, adanya tol itu juga mempermudah wisatawan yang berkunjung ke Siak. Sebagai daerah destinasi wisata, tentu sangat menguntungkan bagi Kabupaten Siak.

"Pintu gerbangnya kan ada satu di Minas. Dengan itu, biasanya dari Siak ke Dumai memakan waktu sekitar 5 jam, ini hanya waktu kurang lebih 2 jam. Itu jelas sangat menghemat waktu perjalanan", kata Arfan.

Untuk diketahui, jalan tol Pekanbaru-Dumai ini mulai dibangun tahun 2017. Panjangnya 131,5 Km dengan biaya Rp12.18 Triliun.

Tol Pekanbaru-Dumai ini juga bagian dari jalan tol trans Sumatera sepanjang 2878 KM, yang membentang dari Lampung hingga ke Aceh sebagai koridor utama.

Editor : Sahril

Berita Terkait