Tolak Putusan PBB, Israel: Terimakasih Trump

  • Reporter:
  • 22 Desember 2017, 06:34:05 WIB
  • Internasional

Katakabar.com - Israel menolak hasil pemungutan suara Majelis Umum PBB yang meminta Amerika Serikat (AS) untuk menarik keputusannya mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Israel juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden AS Donald Trump yang memilih untuk tetap kepada keputusannya.

"Israel menolak keputusan PBB dan pada saat yang sama puas dengan tingginya jumlah negara yang tidak memberikan suara untuk mendukungnya," kata sebuah pernyataan dari kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

"Israel berterima kasih kepada Presiden Trump atas pendiriannya yang tegas atas Yerusalem dan terima kasih kepada negara-negara yang memilih bersama Israel, bersama dengan kebenaran," imbuh pernyataan itu seperti dilansir dari Reuters, Jumat (22/12).

Sidang darurat Majelis Umum PBB ini digelar atas permintaan negara-negara Arab dan Muslim. AS, yang mendukung sekutunya Israel, memveto resolusi tersebut pada hari Senin lalu di Dewan Keamanan PBB yang beranggotakan 15 negara.

Hasil voting Majelis Umum PBB menunjukkan hasil 128 menolak berbanding 9 suara mendukung pengakuan terhadap Yerusalem. Sementara 35 negara abstain. Dengan hasil ini, pengakuan Trump terhadap Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel batal dan tidak berlaku lagi.

Penyelenggaraan sidang darurat ini dibayangi oleh ancaman yang dilontarkan oleh Presiden AS Donald Trump. Trump mengancam akan memotong bantuan bagi negara yang tidak mendukung keputusan AS. 

Editor :

Berita Terkait