Tonggak Logam Misterius di Gurun Amerika Serikat Menghilang

Katakabar.com - Sebuah tonggak logam misterius yang diduga sebuah monolit di Utah, Amerika Serikat (AS) dinyatakan telah hilang oleh Biro Manajemen Pertanahan setempat. Sebelumnya, tonggak logam tersebut ditemukan pertama kali pada 18 November lalu.

Biro Manajemen Pertanahan mengatakan monolit tersebut telah dihilangkan oleh pihak yang belum diketahui sampai saat ini pada Jumat (27/11).

"Kami telah menerima laporan bahwa bangunan yang dipasang secara ilegal, yang disebut sebagai monolit itu telah dipindahkan dari tanah publik," kata Biro Manajemen Pertanahan dalam akun Facebook resminya, dikutip dari CNN, Minggu (29/11).

Monolit pertama kali ditemukan pada 18 November oleh petugas dari Biro Aero Departemen Keamanan Publik Utah. Saat itu, mereka terbang dengan helikopter membantu Divisi Sumber Daya Satwa Liar menghitung domba bighorn di bagian tenggara Utah.

Kala itu, mereka melihat sesuatu yang tampak seperti dalam film 2001: A Space Odyssey.

"Salah satu ahli biologi melihatnya dan kami kebetulan terbang tepat di atasnya," kata pilot Bret Hutchings.

Lalu, mereka melihat sebuah monolit logam perak mengkilap mencuat dari tanah di tengah-tengah batu merah. Hutchings menduga tinggi benda itu antara 10 kaki hingga 12 kaki.

"Benda itu tidak terlihat seperti dijatuhkan secara acak ke tanah, tapi sepertinya sudah ditanam," ucapnya.

Sesuai perkiraan mereka, monolit itu memiliki tinggi 10 hingga 12 kaki setara 3,6 meter saat dihampiri. Monolit itu tertanam dengan kuat di tanah. Mereka menilai monolit itu tampak seperti ekspresi artistik dari benda buatan alien.

"Saya berasumsi bahwa itu adalah artis gelombang baru atau, Anda tahu, seseorang yang merupakan penggemar berat (film 2001: A Space Odyssey)," katanya.

Saat temuan itu diumumkan, pada Rabu (25/11) lalu, Departemen Keselamatan Publik (DPS) negara bagian Utah menyatakan tidak akan mengungkapkan lokasi pasti monolit itu dengan alasan keamanan publik.

Mereka juga memperingatkan bahwa orang-orang yang mencoba mengunjunginya mungkin akan terdampar di tengah medan berbatu. Hutchings mengaku sempat mengira benda tersebut milik NASA. Dia berpikir itu adalah satelit atau sesuatu berhubungan dengan antariksa.

Dia pun mengatakan itu tampaknya buatan manusia. Mungkin dibuat oleh beberapa seniman atau penggemar berat film fiksi ilmiah '2001: A Space Odyssey'. Dalam film buatan Stanley Kubrick tahun 1968 itu, sebuah monolit logam ditemukan di padang pasir oleh kera.

Sementara itu, AFP melaporkan beberapa penjelajah berhasil melacak lokasi monolit itu. Meskipun, para pejabat menolak untuk mengungkapkan lokasi objek karena takut gerombolan wisatawan akan berduyun-duyun datang ke hutan belantara terpencil.

Beberapa pengamat menunjukkan kemiripan objek tersebut dengan karya John McCracken, seorang seniman AS yang pernah tinggal di dekat New Mexico. Namun, John sendiri telah meninggal pada 2011 lalu.

 

CNN Indonesia

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait