Tujuh Makanan Berkarbohidrat Sehat

  • Reporter: Anggi
  • 07 Agustus 2020, 06:15:22 WIB
  • Nusantara, Lifestyle, Kesehatan

Katakabar.com - Karbohidrat merupakan nutrisi penting yang menjadi sumber tenaga. Terdapat sejumlah karbohidrat sehat, dan sebagian karbohidrat lain dapat meningkatkan risiko penyakit. Konsumsi-lah makanan tinggi karbohidrat sehat.

Karbohidrat merupakan satu dari tiga makronutrien penting, selain lemak dan protein. Karbohidrat adalah sumber nutrisi penting untuk memastikan seluruh organ tubuh berjalan dengan baik. Karbohidrat yang tidak sehat dapat merusak organ.

Berikut makanan tinggi karbohidrat sehat.

1. Ubi jalar
Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang tinggi karbohidrat sehat. Satu ubi jalar panggang ukuran sedang dengan kulitnya mengandung 23,61 gram karbohidrat.

Dikutip dari Medical News Today, studi menunjukkan, molekul karbohidrat dalam ubi memiliki manfaat antioksidan dan antitumor. Ubi jalar juga kaya akan potasium dan vitamin A.

2. Jagung
Jagung juga tinggi karbohidrat sehat. Dalam 100 gram jagung mengandung 25 gram karbohidrat dan 3,36 gram protein. Studi menunjukkan, jagung bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah dan tekanan darah tinggi.

3. Pisang
Pisang merupakan buah yang tinggi karbohidrat sehat. Sebuah pisang ukuran sedang memiliki 26,96 gram karbohidrat.

Kandungan potasium dalam pisang membuat buah ini baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Pisang juga kaya akan kalium, vitamin A, dan C.

4. Apel
Satu apel ukuran sedang mengandung 25,13 gram karbohidrat. Kandungan vitamin A dan C, kalium, serta serat membuat apel menyediakan banyak manfaat kesehatan.

Studi mendapati apel dapat menurunkan risiko sejumlah penyakit termasuk kematian akibat kanker.

5. Mangga
Buah mangga juga memiliki karbohidrat yang sehat. Satu buah mangga berukuran sedang mengandung 24,72 gram karbohidrat.

Mangga juga dilengkapi dengan vitamin A dan C, kalium, dan serat. Selain itu, mangga juga bisa berperan sebagai antioksidan dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

6. Kacang merah
Kacang merah mengandung 22,8 persen karbohidrat dan tinggi protein. Kacang merah juga memiliki antioksidan antosianin dan isoflavon.

Dikutip dari Healthline, kacang merah baik untuk mengontrol gula darah dan mengurangi risiko kanker.

7. Kacang Arab
Kacang Arab juga tinggi karbohidrat mencapai 27,4 persen. Selain itu, kacang Arab juga menjadi sumber protein nabati yang baik. Mengonsumsi kacang Arab dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung, pencernaan, dan mencegah kanker.

Konsumsi-lah makanan tinggi karbohidrat sehat sesuai dengan kebutuhan kalori harian. Hindari konsumsi karbohidrat tidak sehat seperti gula, pemanis buatan, dan makanan cepat saji karena meningkatkan risiko berbagai penyakit.





 

CNN Indonesia

Editor : Anggi

Berita Terkait